Ilustrasi/usdoj.gov
Health

Ini Sebabnya Terapi Musik Bantu Tingkatkan Kognisi Penderita Demensia

Wike Dita Herlinda
Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sebuah penelitian terbaru semakin menguatkan dugaan bahwa terapi musik dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif para penderita demensia.

Pasalnya, mendengarkan musik dapat membuat otak manusia untuk lebih aktif mengingat kembali berbagai kenangan penting. Stimulasi dari kenangan masa lalu akan membangkitkan emosi Orang Dengan Demensia (ODD) khususnya, secara positif.

Direktur Regional Alzheimer’s Disease International Asia Pasifik, DY Suharya, menjelaskan mendengarkan musik dan bernyanyi akan mengaktifkan otak kiri dan kanan pasien demensia.

Otak akan bekerja secara menyeluruh dan membuat ODD menggunakan kapasitas otak lebih dari biasanya dan memacu berbagai fungsi otak.

“Selain itu, mendengarkan musik bagi ODD dapat membuat suasana hati lebih tenang dan merangsang interaksi positif, memfasilitasi fungsi kognitif dan mengkoordinasikan gerakan motorik,” kata DY Suharya dalam siaran pers, Rabu (18/10/2017).

Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, Sakurayuki, menambahkan mendengarkan musik dapat membuat ODD lebih tenang dalam menghadapi sundown syndrome, yaitu perilaku saat ODD mengalami disorientasi dan kebingungan menjelang matahari terbenam.

Musik dapat membantu ODD lebih rileks dan membuat suasana hati lebih terjaga.

“Sementara bagi anak muda dan lansia yang tidak terkena demensia, mendengarkan musik dapat mengurangi risiko demensia di masa yang akan datang karena mengurangi risiko depresi,” katanya.

Untuk itu, Alzheimer’s Indonesia berkolaborasi dengan Alumni Paragita Universitas Indonesia dan berbagai mitra serta pendukung lainnya membuat konser amal “Remember Me Charity Concert” dengan mengajak masyarakat untuk berbagi keceriaan dengan menyanyikan berbagai lagu-lagu populer.

Konser akan digelar di Erasmus Huis, Jakarta pada Sabtu, 21 Oktober 2017.

Beberapa musisi dan penyanyi ternama seperti Aning Katamsi, Amoroso Katamsi, Andi Rianto, Dewi Lestari, Farman Purnama Disciples Voice dan Paduan Suara Mahasiswa Paragita UI beserta alumni Paragita UI juga Gery Puraatmadja selaku Narator siap berkontribusi dan menyumbang talentanya dalam konser amal ini.

“Seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan melalui Alzheimer Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup ODD dan pendampingnya. Dengan konser ini kami harap kesadaran masyarakat terkait penyakit alzheimer dapat terus meningkat dan kualitas hidup masyarakat dapat terjaga dengan mendengarkan musik-musik berkualitas,” ujar Ketua Panitya Remember Me Charity Concert, Priska Hutabarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro