Wajah awet muda/Istimewa
Fashion

Cara Gampang Bikin Anda Lebih Muda 3 Tahun

Nindya Aldila
Kamis, 18 Januari 2018 - 06:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin tampil awet muda tanpa perawatan yang mahal atau berisiko seperti botox atau filler, bisa memilih olahraga wajah yang dinilai jauh lebih aman dibanding kedua metode tadi.

Yoga wajah atau latihan otot wajah dipercaya dapat memperbaiki penampilan sehingga guratan tanda penuaan menghilang. Jika memang benar, tentu metode ini jauh lebih baik karena murah, tidak berbahaya, dan bisa dilakukan oleh semua kalangan dibanding perawatan seperti botox dan filler.

Para dermatologis telah membuktikan bahwa melakukan latihan face toning selama satu jam setengah selama delapan pekan yang diikuti dengan olahraga selama 12 pekan setelahnya dapat memperbaiki kulit wajah.

Dermatologis Northwestern Feinberg School of Medicine, Murad Alam cukup terkejut dengan hasil survei yang dilakukannya.

“Ini adalah solusi win-win bagi pasien,” katanya, seperti dikutip dari Reuters.

Latihan yang dilakukan meliputi 90 menit latihan otot wajah yang dipimpin oleh seorang pelatih yoga, Gary Sikorski dari Happy Face Yoga di Providence, Rhode Island.

Partisipan belajar pushup pipi dan latihan untuk menghilangkan kantong mata dan mempraktikkannya di rumah.

Ahli penyakit kulit ini menganalisis foto sebelum dan sesudah dilakukan latihan yoga wajah. Hasilnya, ada peningkatan pada pipi bagian atas dan pipi bagian bawah yang lebih terangkat. Berdasarkan pengamatannya, partisipan tampak lebih muda 3 tahun.

Dalam penelitian yang ditulis dalam jurnal JAMA Dermatology ini, partisipan mengaku puas dengan penampilannya pada masa studi berakhir.

“Sekarang ada bukti bahwa olahraga wajah dapat meningkatkan penampilan dan mengurangi tanda penuaan. Kini, individu mendapati cara yang lebih hemat biaya dan tidak beracun untuk terlihat lebih muda tanpa harus melakukan perawatan dari kosmetika,” tuturnya.

Olahraga ini, lanjutnya, dinilai sangat bermanfaat karena dengan gerakan olahraga wajah dapat menimbulkan efek memperbesar dan memperkuat otot wajah dan mampu menyegarkan wajah sehingga memberikan tampilan yang lebih muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro