Ilustrasi/Psychologytoday
Relationship

Mengapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan? Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 18 Januari 2018 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Tidak ada yang sehebat cinta pertama dan tidak ada yang sesat seperti cinta pertama.

Kebanyakan dari kita mungkin setuju dengan ketidakmungkinan melupakan cinta pertama seseorang.

Pengalaman jatuh cinta untuk pertama kalinya, baik atau buruk, pasti tak terlupakan. Bahkan, banyak orang yang tidak bisa move on dari cinta pertamanya, meskipun dia sudah mencintai dan hidup bersama orang lain.

Mereka kadang masih teringat nostalgia cinta pertama tersebut, dan membandingkannya dengan yang dialaminya saat ini.

Tak sedikit juga orang yang pada akhirnya kembali pada cinta pertamanya setelah sekian lama tidak bertemu.

Lantas, mengapa sebenarnya cinta pertama itu cenderung sulit dilupakan? Berikut seperti dikutip dari Timesofindia.com

Tidak ada alasan khusus

Tidak ada alasan khusus mengapa cinta pertama begitu kuat, karena ini adalah kumpulan detail kecil yang membuatnya penting. Ini penuh dengan emosi yang intens dan penuh gairah yang Anda pikir akan berlangsung selamanya, yang mungkin menjadi alasan mengapa semua orang mengatakan cinta pertama sulit untuk dilupakan.

Namun, itu masuk akal karena ini pertama kalinya Anda benar-benar mencintai dan merasa dicintai oleh orang di luar keluarga Anda pertama kalinya. Bahkan saat hubungan itu berakhir, ia tetap menjadi bagian besar dari diri Anda.

Sudut psikologis dan ilmiah

Secara psikologis, sebuah peristiwa yang tidak didahului oleh peristiwa serupa, namun meningkatkan probabilitas yang serupa berturut-turut karena keakraban, memiliki peluang signifikan untuk tercetak di ingatan kita.

Secara ilmiah, cinta pertama bertepatan dengan lonjakan hormon, sementara karakteristik seksual sekunder kita sedang dikembangkan, berupa rasa sayang.

Waktu dan intensitas

Waktu yang Anda ambil untuk melupakan 'cinta pertama' Anda berbanding lurus dengan waktu dan intensitas yang Anda sukai. 'Tidak ada yang mustahil' juga berlaku dalam kasus ini karena banyak contoh telah diterima di mana orang-orang di buku, blog dan media sosial telah menemukan cara untuk melupakan cinta pertama mereka.

Anda hanya perlu melanjutkan

Anda tidak perlu melupakan cinta pertamamu, hanya belajar dan terus maju. Begitu Anda mengubah proses berpikir Anda, Anda tidak akan terlalu terganggu. Ingat dan hargai, tapi ingatlah secara akurat. Pahami mengapa Anda putus, dan apa yang akan Anda lakukan lagi, dan apa yang tidak akan Anda lakukan lagi.

Karena dianggap cinta monyet yang masih murni

Cinta pertama Anda adalah cinta yang melekat dengan Anda karena satu-satunya orang yang akan pernah menerima cinta Anda sepenuhnya. Bagian itu memegang kepolosan dan keyakinan bahwa cinta benar-benar bisa bertahan selamanya. Ini memegang pertemanan dan rasa sakit, trial and error, ciuman satu itu yang tidak akan pernah Anda lupakan dan malam di bawah bintang yang tidak dapat Anda kembalikan. Ini memegang pemuda dan segala sesuatu yang Anda pikir cinta bisa. Segala sesuatu yang terbukti salah.

Bisa menjadi pelajaran

Pertama kali seseorang jatuh cinta, mereka entah bagaimana menyebabkan percaya bahwa dunia adalah tempat yang sempurna. Itu adalah asumsi yang cacat pada beberapa tingkatan. Kita perlu belajar dan mengingat pelajaran. Makanya kita tidak bisa melupakan cinta dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro