Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali dan Hargai Tumbuh Kembang Anak Cerdas Istimewa (1)

Anak cerdas istimewa atau anak gifted cenderung memiliki kreatifitas dan imaginasi yang tinggi. Salah satu ciri yang umum dari mereka adalah menyukai seni, misalnya seni lukis.
Inda Marlina
Inda Marlina - Bisnis.com 07 Juni 2014  |  04:42 WIB
 Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Anak cerdas istimewa atau anak gifted cenderung memiliki kreatifitas dan imaginasi yang tinggi. Salah satu ciri yang umum dari mereka adalah menyukai seni, misalnya seni lukis.

Psikolog Anak dan Keluarga Univeritas Indonesia Irma Gustiana mengatakan anak-anak yang memiliki bakat berlebih tersebut sebaiknya tidak diabaikan. Kesalahan dari orang tua yang tidak memahami, seringkali justru bertindak keras seperti memukul.

Lalu, bagaimana menyikapi anak-anak ini? Salah satu orang tua yang memiliki kemampuan cerdas istimewa Yeni Sahnaz mengatakan kunci utamanya adalah sabar. Selain itu, orang tua harus mengetahui apa yang menjadi kegemaran sang buah hati dan berusaha untuk memberikan fasilitas.

“Setelah mengetahui bahwa anak saya suka melukis, saya membelikan kanvas dan alat lukis,” ujar Yeni.

Hasilnya, putra Yeni justru menghasilkan lukisan yang dipamerkan di Pameran Lukisan Anak Indonesia di Galeri Nasional Jakarta pada 2010.

Irma mengatakan sikap yang harus dilakukan oleh orang tua terhada anak cerdas istimewa antara lain mendorong dan menyediakan aneka kegiatan kreatif, memberi kesempatan pada anak untuk berimajinasi dan berpikir, serta memberikan dukungan.

“Selain itu, anak juga sebaiknya dibiarkan membuat keputusan sendiri dan meyakinkan anak bahwa orang tua mereka menghargai proses,” imbuhnya. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak level psikologis anak berkebutuhan khusus
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top