Fashion

Penyandang Diabetes Sebaiknya Rutin Konsultasi

Inda Marlina
Rabu, 11 Juni 2014 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyandang diabetes atau diabetisi dianjurkan agar selalu berkonsultasi atau kontrol dengan dokter secara berkala untuk membantu mengendalikan pola hidup mereka.

Sekretaris Jenderal Persatuan Diabetes Indonesia dr. Rochsismandoko mengatakan rutin berkonsultasi  dengan dokter merupakan salah satu pilar dari empat pilar yang harus dijalani oleh diabetisi. Tiga pilar diabetes yang lain adalah edukasi, diet, dan olah raga.

“Perbandingan diabetisi laki-laki dan perempuan di Indonesia seimbang, artinya baik laki-laki dan perempuan risiko terkena diabetes,” ujarnya saat hadir dalam peluncuran aplikasi Dokter Diabetes di Jakarta, Rabu (11/6/2014)

Rochsismandoko mengatakan 5-7% penduduk di Indonesia terindetifikasi menyandang diabetes. Sedangkan 54% dari jumlah penduduk diperkirakan tidak teridentifikasi. Data Internasional Diabetes Federation (IDF) mencatat pada 2013 penyandang diabetes di Indonesia sekitar 8,5 juta jiwa. Angka tersebut membawa Indonesia pada urutan ke-7 negara dengan penyandang diabetes di dunia.

Konsultasi diabetes seringkali diabaikan oleh para diabetisi dan keluarga mereka. Dokter internist diabetes dr. Dipdo Petrus Wijaya mengatakan konsultasi dengan dokter bisa membantu para penyandang menjaga kalori makanan dan program olah raga yang bisa dijalankan para diabetisi.

“Selain konsultasi, penyandang diabetes dan keluarga juga harus mendapat edukasi yang baik, hal ini juga mencegah agar baik penyandang maupun keluarganya tidak terlalu stres menghadapi penyakit ini,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Editor : Others
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro