Gejala jantung9/boldsky.com
Health

Inilah Gaya Hidup Sehat Cegah Penyakit Jantung Usia Muda

Reni Efita
Selasa, 27 Oktober 2015 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit jantung kini tidak hanya dialami oleh kelompok usia tua saja, tapi sudah bergeser ke kelompok usia muda. Untuk itu perlu melakukan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat mulai sejak dini  guna mencegah terjadi penyakit jantung pada usia muda.

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia maupun di negara yang tergolong middle lower income seperti Indonesia. Riset Kesehatan Dasar  2013  juga mencatat terjadinya kenaikan  jumlah penderita penyakit jantung pada kelompok umur usia yang lebih muda di Indonesia, yaitu di bawah usia 45 tahun.

dr. Estie Puspitasari, SpPD dari Rumah Sakit Siloam ASRI  mengatakan  perlu adanya upaya pencegahan sedini mungkin dengan membangkitkan kesadaran masyarakat agar mulai mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat.

Perubahan gaya hidup sehat itu meliputi pemilihan nutrisi yang tepat, aktif berolah raga, dan istirahat yang cukup. “Pemilihan nutrisi dapat dilakukan dengan menghindari makanan berlemak dan memilih makanan tinggi serat. Diet rendah lemak dan tinggi serat terbukti signifikan dapat membantu menurunkan kolestrol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah stroke,” kata Estie, Selasa (27/10).

Selain itu, katanya, masyarakat juga disarankan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang sering disebut sebagai lemak jahat karena dapat memperburuk profil kolesterol darah, yang berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, katanya, perlu pula aktif bergerak dan olah raga untuk menekan risiko penyakit jantung, serta jangan lupa untuk memiliki kualitas istirahat yang baik, dengan tidur yang cukup. “Sejalan dengan apa yang telah disampaikan oleh dr. Estie, Tropicana Slim meluncurkan produk inovasinya susu rendah lemak dan tinggi serat,  Tropicana Slim Low Fat Milk yang bermanfaat untuk menurunkan kolestrol dan mencegah penyakit jantung,” kata  Annice Manthovani, Tropicana Slim Brand Associate, dalam rilisnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro