Ilustrasi
Health

Serangan Jantung Mendadak: Waspadai Dua Jenis Serangan Jantung Tiba-Tiba Ini

Reni Efita
Selasa, 26 Januari 2016 - 18:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sekarang, penyakit jantung tidak hanya diderita oleh orang tua saja, namun juga menyerang mereka yang memasuki usia produktif. Serangan jantung itu bisa datang mendadak membuat penderita meninggal secara tiba-tiba.

Beberapa hari yang lalu, keluarga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berduka atas meninggalnya putra sulungnya secara mendadak di Florida, AS.

Prof. Budhi Setianto Purwowiyoto, Kepala Divisi Preventif & Rehabilitasi Departemen Kardiologi & Kedokteran Vaskular FKUI mengatakan  ada dua jenis penyakit jantung yang serangannya mendadak dan dapat menyebabkan orang meninggal tiba-tiba.

Kalau untuk usia 35 tahun ke atas, kata Budhi, serangan jantung mendadak disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Sedangkan untuk usia 35 tahun ke bawah, katanya, serangan jantung mendadak itu disebabkan adanya kelainan berupa penebalan otot jantung.

Penebalan otot jantung itu, kata Budhi setelah acara penandatangan kerjasama PT Omron Healthcare Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia, di kantor pusat YJI, Selasa (26/1/2016), terjadi karena bawaan dari lahir yang tidak terdeteksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro