Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serangan Jantung Mendadak: Waspadai Dua Jenis Serangan Jantung Tiba-Tiba Ini

Sekarang, penyakit jantung tidak hanya diderita oleh orang tua saja, namun juga menyerang mereka yang memasuki usia produktif. Serangan jantung itu bisa datang mendadak membuat penderita meninggal secara tiba-tiba.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 26 Januari 2016  |  18:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Sekarang, penyakit jantung tidak hanya diderita oleh orang tua saja, namun juga menyerang mereka yang memasuki usia produktif. Serangan jantung itu bisa datang mendadak membuat penderita meninggal secara tiba-tiba.

Beberapa hari yang lalu, keluarga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berduka atas meninggalnya putra sulungnya secara mendadak di Florida, AS.

Prof. Budhi Setianto Purwowiyoto, Kepala Divisi Preventif & Rehabilitasi Departemen Kardiologi & Kedokteran Vaskular FKUI mengatakan  ada dua jenis penyakit jantung yang serangannya mendadak dan dapat menyebabkan orang meninggal tiba-tiba.

Kalau untuk usia 35 tahun ke atas, kata Budhi, serangan jantung mendadak disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Sedangkan untuk usia 35 tahun ke bawah, katanya, serangan jantung mendadak itu disebabkan adanya kelainan berupa penebalan otot jantung.

Penebalan otot jantung itu, kata Budhi setelah acara penandatangan kerjasama PT Omron Healthcare Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia, di kantor pusat YJI, Selasa (26/1/2016), terjadi karena bawaan dari lahir yang tidak terdeteksi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit jantung
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top