Ilustrasi: Ibu hamil/Antara
Health

Anemia Masih Jadi Masalah Global. Bagaimana Dengan Kondisi Anda?

Rezza Aji Pratama
Rabu, 2 Agustus 2017 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Anemia masih menjadi masalah besar bagi kesehatan masyarakat global dengan jumlah penderita yang mencapai 2,3 miliar jiwa.

Zulfiqar Ahmed Bhutta, Ketua Kesehatan Anak Global sekaligus Direktur Pendidi Pusat Keunggulan Kesehatan Perempuan dan Anak di Universitas Aga Khan menuturkan Asia Tenggara dan Afrika tercatat memiliki prevalensi tertinggi.

“The Health World Assembly telah menerapkan sebuah rencana implementasi yang komprehensif untuk mencapai enam target nutrisi global dengan satu tujuan spesifik, yakni untuk mengurangi 50% tingkat anemia pada wanita usia subur pada tahun 2025,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (2/8/2017).

Zulfiqar menjelaskan di Asia Tenggara, ada 202 juta wanita yang terkena anemia sedangkan di Pasifik Barat, ada sekitar 100 juta jiwa.

Sebanyak 41,8% ibu hamil dan kurang lebih 600 juta anak sekolah dasar dan anak usia sekolah di seluruh dunia adalah penderita anemia, hampir 60% kasus ibu hamil dan sekitar 50% dari kasus anak-anak disebabkan kurangnya zat besi.

Data tren anemia global menunjukkan antara tahun 1995 dan 2013, tidak ada perubahan dramatis pada statistik anemia meskipun terdapat berbagai intervensi. Hal ini terlihat disebabkan oleh anemia karena gangguan besi.

Murti Andriastuti dokter spesialis anak sekaligus ketua satuan tugas anemia defisiensi besi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDA() mengatakan efek jangka panjang dari kekurangan zat besi dengan atau tanpa anemia pada anak-anak dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, kekebalan tubuh serta perkembangan otak dengan fungsi kognitif menurun sesuai dengan derajat anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro