Ketua Lions Eye Bank Jakarta dr. Sharita R Siregar sedang menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Sabtu 10 Maret 2018./JIBI-Yoseph Pencawan
Health

Transplantasi Mata, JEC Satu-Satunya Rumah Sakit yang Sudah Pakai Teknologi Ini

Yoseph Pencawan
Minggu, 11 Maret 2018 - 00:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Lions Eye Bank Jakarta dr. Sharita R Siregar mengatakan fasilitas Lions Eye Bank Jakarta sudah berdiri atas kerjasama PT Nitrasanata Dharma, perusahaan induk JEC, dengan Lions Clubs Indonesia, mulai November 2017.

Fasilitas ini diyakini akan menambah kapasitas Rumah Sakit Jakarta Eye Center, terutama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang donor kornea dan mempercepat penanganan pasien yang membutuhkan tindakan transplantasi.

Dia pun optimistis tujuan itu dapat tercapai karena ditopang juga dengan berbagai perlengkapan pengobatan mata milik JEC yang sudah sangat memadai.

"Sejak awal berdiri, JEC telah melakukan tindakan transplantasi kornea terhadap sekitar 150 pasien," ungkapnya di sela-sela kegiatan The 34th Anniversary of JEC di salah satu hotel di Jakarta, Sabtu (10/3).

Dia menjelaskan, saat ini JEC telah mampu melakukan pemotongan kornea donor dan penerima dengan menggunakan Femtosecond Laser. JEC merupakan satu-satunya rumah sakit mata yang telah mengimplementasikan teknik ini.

Selain itu, untuk tindakan transplantasi kornea, JEC juga telah menerapkan teknologi Lamelar Keratoplasty, bahkan sejak 10 tahun lalu.

Dengan teknologi ini dokter dapat melakukan penggantian kornea pada bagian yang rusak dengan tetap mempertahankan jaringan yang masih sehat.

"Dengan teknik ini, proses pemulihan paska operasi juga dapat lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional karena hanya membutuhkan sedikit jahitan pada saat tindakan transplantasi."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro