Ini Alasan Kenapa Ratu Elizabeth Miliki Dua Hari Ulang Tahun

Kenapa hanya memiliki 1 hari ulang tahun jika bisa merayakannya 2 kali ? Pada Sabtu (21/4/2018), Ratu Elizabeth dari Inggris merayakan ulang tahunnya yang ke-92. Padahal, pada pertengahan Juni biasanya pihak kerajaan juga melangsungkan perayaan ulang tahunnya.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 23 April 2018 07:37 WIB
Ratu Inggris Elizabeth melambaikan tangannya ke hadirin yang datang dalam konser ulang tahunnya yang ke-92 di Royal Albert Hall, London, Inggris, Sabtu (21/4). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kenapa hanya memiliki 1 hari ulang tahun jika bisa merayakannya 2 kali ? Pada Sabtu (21/4/2018), Ratu Elizabeth dari Inggris merayakan ulang tahunnya yang ke-92. Padahal, pada pertengahan Juni biasanya pihak kerajaan juga melangsungkan perayaan ulang tahunnya.

Kenapa? Ternyata, Kerajaan Inggris memiliki perayaan hari ulang tahun untuk publik dan hari ulang tahun sesuai dengan tanggal lahir.

Pada akhir pekan lalu, Ratu Elizabeth merayakan ulang tahunnya dengan mengadakan konser khusus di Royal Albert Hall, London bersama keluarga kerajaan. Konser itu diramaikan oleh Sir Tom Jones, Kylie Minogue, Sting and Shaggy, Shawn Mendes, Ladysmith Black Mambazo, Anne-Marie, Craig David, dan Donel Mangena.

Perayaan ulang tahun yang meriah ini merupakan hal yang tidak biasa karena pada tahun-tahun sebelumnya dia lebih senang merayakannya secara privat dengan keluarga. Namun, publik bisa ikut merayakan ulang tahun sang ratu pada musim panas ketika cuaca di Inggris lebih ramah.  

Tidak hanya Elizabeth, Raja Edward VII juga merayakan ulang tahunnya dua kali dalam setahun. Dia lahir pada 9 November, tapi perayaan ulang tahunnya secara umum dilakukan pada Mei atau Juni, ketika cuaca bagus untuk melakukan parade ulang tahun yang juga dikenal sebagai Trooping of the Colour.

Tradisi ini dipercaya dimulai pada masa pemerintahan Raja George II pada 1748. Raja George II lahir bulan Oktober, tapi Trooping of the Color menjadi perayaan ulang tahun raja serta angkatan bersenjata.

Sejak saat itu, ulang tahun musim panas resmi menjadi ajang perayaan ulang tahun raja atau ratu dan selalu ditandai dengan upacara tahunan yang biasanya diadakan pada Sabtu kedua Juni.

Tag : ratu elizabeth
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top