Yoga Kesuburan Bantu Pasangan Memiliki Keturunan

Sulit memiliki keturunan? Yoga untuk kesuburan bisa jadi salah satu solusi.
Nancy Junita | 04 Desember 2018 04:00 WIB
Pose yoga suryanamaskar - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sulit memiliki keturunan? Yoga untuk kesuburan bisa jadi salah satu solusi.

Dikutip dari www.medindia.net, yoga adalah ilmu India kuno yang menuntut disiplin fisik, mental dan spiritual untuk meningkatkan pikiran, tubuh dan jiwa.

Yoga kesuburan, konsep terbaru, adalah terapi holistik yang berfokus khusus pada kesehatan reproduksi Anda dan membuat Anda lebih siap untuk hamil, baik secara fisik dan emosional.

Meskipun pose yoga itu tidak akan membuat Anda hamil, namun bermanfaat menghilangkan stres, mengatasi kecemasan, serta tubuh dan pikiran yang lebih sehat, mungkin membantu Anda hamil.

Timothy McCall, editor medis Yoga Journal, mengatakan, "Ketika Anda berada di bawah tekanan kronis, otak Anda bergeser ke mode bertahan hidup dan meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol dan epinefrin, sementara memperlambat produksi hormon seks. Kombinasi ini dapat mengganggu jadwal ovulasi, membuatnya sulit untuk hamil. Tentu saja, sedikit stres adalah normal, tetapi jika Anda terus-menerus merasa terkendali, inilah saatnya untuk mengatasi stres Anda secara langsung.”

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Fertility and Sterility’ menyebut bahwa terurainya kompleksitas neuroendokrinologi secara bertahap telah memungkinkan peningkatan pemahaman tentang peran stres dalam infertilitas.

Yoga adalah salah satu cara yang baik untuk menghilangkan stres. Terkait kesuburan, direkomendasikan pose yoga lembut dari Kripalu atau yoga Hatha dasar daripada yoga yang kuat seperti Ashtanga Vinyasa atau Bikram yoga.

Para guru yoga menyarankan untuk menghindari salah satu postur yang menyebabkan kompresi pada dinding perut, misalnya, postur Marichyasana di Ashtanga vinyasa yoga jika Anda mencoba untuk hamil.

Dan sekarang, kebugaran holistik dan instruktur yoga di Florida, Sherry Longbottom, mengklaim telah mengembangkan gaya sendiri yoga kesuburan yang menghindari pose yang membebani tubuh dan berpose sederhana untuk mengurangi kecemasan dan untuk mendapatkan aliran darah di daerah panggul.

Meskipun mungkin tidak bermanfaat sama seperti perawatan IVF (bayi tabung) atau terapi hormon,  namun Sherry menuturkan bahwa yoga  membantu menciptakan lingkungan yang ‘subur’.

 Dan bahkan jika Anda menjalani perawatan kesuburan, yoga dapat dipraktikkan sebagai terapi tambahan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility, yoga dan meditasi dapat membantu wanita mengalami tantangan infertilitas.
 
Praktik meditasi dan relaksasi dapat membantu meningkatkan kejernihan pikiran, menjaga kesehatan kimiawi tubuh, dan memberi pasien kesabaran untuk menjalani kerasnya perawatan kesuburan '.
 
Dr James Goldfarb, Direktur Infertilitas dan Fertilisasi In-Vitro di University Hospital Cleveland, menyetujui pasien yang mencoba terapi alternatif yang aman.
 
"Intinya yang selalu saya sampaikan kepada pasien adalah, tentu saja tidak ada salahnya. Kami sangat membesarkan hati [bahwa mereka] mencoba apa saja yang mereka rasakan. Dengan mengatakan bahwa seseorang akan melalui IVF akan tertekan.”
Kemampuan yoga untuk membantu kesehatan mental dan juga kesehatan fisik adalah salah satu alasan Sherry ingin memulai kelas yoga kesuburan.
 
'Pikiran, tubuh, dan jiwa semuanya terikat bersama, setelah mengatasi area tersebut, Anda merawat seluruh tubuh,” katanya.
 

Tag : YOGA, fertilitas
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top