Pakar kuliner William Wongso/Bisnis.com-Eva Rianti
Relationship

Ini Rahasia William Wongso Tetap Energik

Eva Rianti
Kamis, 10 Januari 2019 - 04:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di usianya yang bakal menginjak angka 72 tahun, pakar kuliner William Wongso masih bugar, energik, dan cerdas. Apa sebenarnya rahasia di balik jiwa mudanya yang begitu awet hingga saat ini?

Kepada Bisnis, Om Wil, begitu biasa dipanggil, menceritakan dua rahasia dirinya bisa tetap sehat hingga saat ini. Pertama adalah makan tidak berlebihan. Kendati seorang pengelana rasa makanan, ternyata Om Wil tidak kalap ketika menyantap hidangan yang ditemuinya di sejumlah daerah.

“Rahasianya [awet muda], icip-icip saja kalau makan. Saya ini enggak ada pantangannya kalau makan,” tuturnya sambil tertawa renyah.

Kegiatan blusukan menikmati ragam kuliner sebenarnya mendorongnya untuk makan yang banyak, namun Om Wil mengakui tidak rakus dalam melahap makanan. Bahkan tidak pernah menambah porsi makanan. Justru sekedar icip-icip menjadi trik jitu baginya untuk bisa menjaga pola makan.

“Kedua, aktif keliling,” dia melanjutkan.

Ya, Om Wil mengaku dirinya telah khatam mengelilingi Indonesia, bahkan hampir seluruh negara di dunia.

Berkeliling ke berbagai negara untuk culinary tour menjadi aktivitas yang membuatnya aktif bergerak dan lebih dinamis. Karena itulah, tubuhnya sudah terbiasa untuk bergerak sehingga menjadi lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro