Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beda Gaya Berenang, Beda Manfaatnya bagi Kesehatan

Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan dan memiliki segudang manfaat.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 02 April 2019  |  15:28 WIB
Renang gaya kupu/kupu. Foto: Antara
Renang gaya kupu/kupu. Foto: Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan dan memiliki segudang manfaat.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa berenang adalah salah satu obat yang paling efektif untuk mengatasi stres dan juga ketegangan otot. Selain itu, berenang juga bisa membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan kekuatan tulang dan otot.

Berikut macam-macam gaya berenang beserta manfaat kesehatannya, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Gaya bebas

Berenang gaya bebas dianggap sebagai gaya berenang tercepat dan paling efisien. Gaya ini memberi seluruh tubuh latihan karena gerakan tangan dan kaki yang dibutuhkan. Core atau otot inti, lengan, leher, punggung, dada, punggung bagian atas, dan kaki juga turut digunakan.

Oleh karena itu, gerakan gaya bebas bisa membantu meregangkan otot punggung dan membuat persendian menjadi lebih kuat. Manfaat lainnya, yakni jika berat Anda antara 55-60 kg, Anda cenderung membakar 330 kalori. Sementara itu jika berat badan antara 65-70 kg, Anda bisa membakar 409 kalori saat melakukan gaya bebas selama setengah jam.

2. Gaya kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu mengharuskan Anda untuk menggunakan bagian otot inti. Karena gerakan ini melibatkan tubuh bagian atas, gaya kupu-kupu dapat membantu mengencangkan otot lengan, dada, perut, dan punggung. Gaya ini juga dapat meningkatkan postur dan fleksibilitas tubuh. Dengan kata lain, gaya kupu-kupu membantu menguatkan inti dan tubuh bagian atas.

Melakukan gaya kupu-kupu selama setengah jam dapat membantu membakar 330 kalori jika berat Anda antara 55-60 kg dan bisa membakar 409 kalori untuk orang dengan berat 65-70 kg serta 488 kalori untuk orang dengan berat 80-85 kg.

3. Gaya punggung

Mirip dengan gaya bebas, gaya punggung mengharuskan Anda menggunakan tangan dan kaki. Bedanya Anda berbaring telentang dan melayang di dalam air.

Gaya punggung ini membantu memperpanjang tulang belakang, yang nantinya akan membuat Anda terlihat lebih tinggi dan mempertahankan postur yang tepat. Gaya ini juga membantu mengencangkan otot-otot di bahu, kaki, lengan, bokong, dan perut.

Karena gaya punggung membutuhkan gerakan pinggul, gaya berenang ini ini cocok untuk orang yang duduk berjam-jam di tempat kerja atau di rumah. Gaya punggung membantu dalam membakar kalori dalam jumlah tinggi. Melakukan gaya punggung selama setengah jam bisa membakar 240 kalori untuk orang yang memiliki berat badan 55-60 kg dan 355 kalori untuk orang yang beratnya 80-85 kg.

4. Gaya dada atau katak

Untuk melakukan gaya dada, Anda perlu menggerakkan kaki Anda dengan cara yang mirip dengan tendangan katak di mana lutut Anda akan ditekuk dan Anda menendang ke bawah di dalam air.

Karena gaya ini mengharuskan Anda menggunakan kaki lebih banyak dari lengan, itu membantu meningkatkan otot kaki. Gaya dada membantu memperbaiki fungsi otot-otot kaki Anda dan mengencangkan otot punggung Anda.

Selain itu, juga bermanfaat untuk otot-otot dada Anda, mengencangkan punggung bagian atas dan trisep. Melakukan gaya dada selama setengah jam dapat membakar 300 hingga 444 kalori, tergantung berat badan seseorang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

berenang kolam renang
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top