Begini Cara Efektif Membakar Lemak Perut Jika Metabolisme Tubuh Lambat

Metabolisme memainkan peran yang sangat penting di dalam tubuh, terutama membantu mengolah makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menghasilkan energi yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  13:43 WIB
Begini Cara Efektif Membakar Lemak Perut Jika Metabolisme Tubuh Lambat
Lemak perut - boldsky

Bisnis.com, JAKARTAMetabolisme memainkan peran yang sangat penting di dalam tubuh, terutama membantu mengolah makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menghasilkan energi yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Metabolisme juga memengaruhi seberapa banyak Anda makan dan minum serta berat badan Anda. Inilah sebabnya mengapa metabolisme yang lambat menjadi perhatian utama bagi banyak orang, terutama mereka yang berusaha menghilangkan lemak perut.

Proses yang lebih lambat untuk membakar makanan membuatnya lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Komposisi tubuh dan massa otot Anda adalah beberapa faktor utama yang memengaruhi laju metabolisme tubuh.

“Mereka yang memiliki tubuh lebih kecil, lebih pendek, dan mungkin mengalami kesulitan menjaga massa otot cenderung memiliki metabolisme yang lebih rendah,” ujar Elizabeth Lowden, seorang ahli endokrinologi bariatric di Northwestern Medicine Metabolic Health dan Surgical Weight Loss Center di Delnor Hospital, dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini.  

Dia menjelaskan bahwa mungkin sulit untuk mempercepat metabolisme. Tetapi ada beberapa cara yang menurut para ahli dapat membantu Anda menurunkan berat badan, termasuk lemak perut. Berikut beberapa cara untuk menurunkan berat badan bagi orang yang memiliki metabolisme tubuh yang lambat.

Membentuk Otot Tubuh

Lowden mengatakan memiliki massa otot tanpa lemak dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme basal. Ini mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

“Tingkat massa otot yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar selama beraktivitas dan berolahraga,” katanya.

Lakukan Olahraga Kardio

Menurut Holly Lofton, Direktur Medical Weight Management Programme di NYU Langone Health, ketika Anda mencoba untuk membangun otot tubuh, tambahkanlah latihan kardio. Aktivitas ini dapat menyebabkan jantung memompa lebih cepat dan dapat membantu menghilangkan lemak perut.

“Buat tubuhmu hingga teregah-engah, sampai ke titik dimana kamu sulit untuk melakukan percakapan. Lakukan hingga intensitas seperti itu. Tubuh kehilangan lemak secara efisien dengan melakukan aktivitas fisik yang intens,” ujarnya.

Konsumsi Lemak dan Protein Sehat

Cara lain untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang lambat adalah dengan menambahkan takaran lemak dan protein yang baik. Tubuh menghabiskan waktu lebih lama mencerna lemak dan protein sehat, yang membutuhkan lebih banyak energi daripada makanan lain, menurut Dori Arad, Direktur Mount Sinai PhysioLab.

Dia menjelaskan bahwa protein juga membantu membangun otot. Sumber nutrisi yang baik ini termasuk ikan, ayam dan kalkun tanpa kulit, dan kacang.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari kacang almond, kenari, salmon, trout, alpukat, dan minyak zaitun.

Kurangi Asupan Kalori

Ahli juga berpendapat, mengurangi konsumsi kalori bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak perut. Konkritnya, ini bisa dilakukan dengan mengurangi 250 kalori dalam sehari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diet

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top