/Hallmark.com
Health

Bayi juga Bisa Mengalami Kerontokan Rambut

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 7 September 2019 - 17:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda berpikir rambut rontok hanya terjadi pada orang dewasa, maka Anda salah informasi.

Ternyata, bayu hingga usia 2 tahun, dapat mengalami kerontokan rambut. Ini mungkin mengejutkan, tetapi ini tidak jarang sama sekali. Faktor dan gen tertentu yang berperan dapat membuat bayi Anda lebih mungkin kehilangan rambut, terutama dalam enam bulan pertama pasca kelahiran.

Mengapa ini terjadi? Padahal biasanya bayi mulai menumbuhkan rambut di kepala mereka saat mereka beristirahat di dalam rahim ibu, sebagian besar bayi yang baru lahir mengalami penurunan kadar hormon mereka, yang dapat membuat mereka kehilangan sebagian rambut mereka dalam enam bulan pertama.

Jenis kerontokan rambut ini dikenal sebagai 'telogen effluvium'. Sama seperti untuk orang dewasa, alasan lain untuk kerontokan rambut yang menakutkan ini bisa menjadi cradle cap, ketika sebum dan sisik-sisik di kulit kepala mulai mengelupas dan menghilangkan rambut halus.

Jika bayi Anda duduk atau tidur dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama, itu dapat memicu bintik-bintik botak di kepala, yang bisa menjadi alasan lain untuk kerontokan rambut.

Bayi juga dapat mengembangkan titik botak jika ia menggosok kepalanya ke kasur. Kerontokan rambut juga dapat terjadi pada anak-anak yang lebih besar dan balita jika anak Anda berputar atau menarik rambutnya secara kompulsif.

Jenis kerontokan rambut ini disebut trikotilomania. Tidak ada obat untuk mencegah rambut halus bayi Anda jatuh. Seiring waktu, rambut mereka akan tumbuh kembali. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan tambahan yang dapat Anda ambil untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut.

Jika botak adalah akibat bayi Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di posisi yang sama, cobalah bergantian cara bayi Anda tidur selama tidur siang dan malam hari. Bayi Anda secara alami akan memalingkan kepalanya ke samping untuk melihat keluar dari boks bayi, sehingga ia akan beristirahat di bagian lain kepalanya.

Jika rambut rontok bayi Anda disebabkan oleh cradle cap, Anda juga dapat mencoba menaruh minyak kelapa untuk melembabkan dan melonggarkan sisiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro