Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Setiap hari kita melakukan hal-hal tertentu secara sadar atau tidak sadar dan beberapa di antaranya mungkin membahayakan tubuh kita.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 September 2019  |  10:06 WIB
Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Membahayakan Kesehatan
Ilustrasi - medimanage.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap hari kita melakukan hal-hal tertentu secara sadar atau tidak sadar dan beberapa di antaranya mungkin membahayakan tubuh kita.

Kegiatan sehari-hari ini dapat menimbulkan risiko kesehatan. Mereka membuat kekebalan Anda sangat lemah selama periode waktu tertentu dan juga memengaruhi rutinitas makan dan tidur Anda.

Karena itu, penting untuk mengenal mereka dan menghindarinya. Berikut adalah beberapa hal mengejutkan yang membahayakan tubuh.

1. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit

Tidur berlebihan dikaitkan dengan kesehatan jantung yang buruk pada wanita yang lebih tua, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association [1]. Juga, kurang tidur meningkatkan risiko berkembang atau meninggal akibat penyakit jantung sebesar 48 persen.

2. Makan larut malam

Makan malam larut malam akan meningkatkan berat badan, menurut sebuah penelitian 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Obesity. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa asupan kalori setelah jam 8 malam dapat meningkatkan risiko obesitas . Jadi, makan malam tepat waktu.

3. Duduk sepanjang hari

Pekerjaan meja mengharuskan Anda duduk sepanjang hari selama berjam-jam, yang menurut penelitian berbahaya bagi kesehatan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk dalam waktu lama telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes. Studi lain menemukan bahwa duduk selama berjam-jam meningkatkan risiko gangguan muskuloskeletal, terutama nyeri punggung bawah

4. Terlalu banyak menggunakan media sosial

Jika Anda selalu masuk ke platform media sosial, Anda menempatkan tubuh Anda dalam risiko, kata sebuah penelitian. Menurut sebuah penelitian, posting, berbagi dan menyukai di media sosial terkait dengan kemungkinan lebih tinggi merasa terisolasi secara sosial. Itu karena media sosial dapat memberi orang kesan bahwa orang lain jauh lebih bahagia daripada mereka.

5. Tetap terjaga larut malam

Jika Anda burung hantu malam hari maka Anda menempatkan tubuh Anda pada risiko kesehatan yang tinggi. Sering begadang larut malam mengganggu ritme sirkadian Anda yang memengaruhi siklus tidur-bangun, kebiasaan makan, suhu tubuh, dan fungsi tubuh penting lainnya. Ini adalah salah satu alasan mengapa pekerja shift malam sering mengalami kesulitan tidur ketika mereka pergi tidur, dan mengalami kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja karena ritme sirkadian alami mereka dan siklus tidur-bangun terganggu.

6. Makan di meja bekerja Anda

Makan sarapan atau makan siang di meja Anda berbahaya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti menemukan bahwa bekerja sambil makan menyebabkan gangguan, yang mengarah pada peningkatan asupan makanan serta peningkatan konsumsi makanan di kemudian hari.

7. Tidur pakai lensa kontak

Jika Anda telah tidur dalam lensa kontak, Anda harus menghentikan kebiasaan berbahaya ini sekarang. Menurut National Sleep Foundation, tidur dalam lensa kontak menyebabkan lensa kontak mata merah akut (CLARE), borok mata, dan infeksi mata serius lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Sumber : boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top