Ilustrasi/Softpedia
Relationship

Pekerjaan yang Bisa Dijadikan Karir oleh Ibu Rumah Tangga

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 November 2019 - 12:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi ibu sepenuhnya yang mengasuh dan mendidik serta mengelola rumah tangga adalah impian semua orang. Selain juga keinginan untuk bekerja di luar rumah.

Apalagi misalnya bagi mereka yang memiliki ijazah lulusan universitas dan gelar yang cukup tinggi, biasanya merasa sayang jika tidak bekerja di luar rumah dan menyiakan gelar dan keahliannya.

Agar dapat menyiasati seorang perempuan tetap menjadi ibu rumah tangga namun bisa tetap bekerja, bisa dilakukan dengan menjalani pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah.

Dewasa ini, amat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di luar kantor, terutama di era virtual office saat ini. Pekerjaan nya bisa berupa freelancer atau bahkan penuh waktu jika perusahaan memungkinkannya.

Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh perempuan dari rumahnya seperti dilansir dari Balancecareer.com :

1. Akuntan

Tidak seperti pembuat pajak, akuntan biasanya bekerja sepanjang tahun. Tugas akuntan adalah menganalisis data keuangan, menyiapkan laporan, dan memelihara catatan. Gelar sarjana atau master akuntan diperlukan untuk pekerjaan ini. Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah dengan membuka praktek di rumah sendiri.

2. Aktuaris

Aktuaris menganalisis risiko, umumnya untuk perusahaan asuransi. Pekerjaan ini juga menawarkan prospek pekerjaan yang mengesankan dimana  Biro Statistik Tenaga Kerja memproyeksikan akan tumbuh 22 persen antara 2016 dan 2026. Karena sifatnya yang menganalisis maka bisa dilakukan dimana saja termasuk juga di rumah Anda sendiri.

3. Pengembang Kurikulum

Mantan guru yang ingin mencari nafkah yang baik saat bekerja dari rumah sebaiknya mempertimbangkan pengembangan kurikulum untuk tahap selanjutnya dari karir mereka. Pekerjaan ini, yang biasanya membutuhkan gelar magister dan pengalaman mengajar, melibatkan pengembangan bahan ajar untuk penggunaan ruang kelas.

4. HR Recruiter

Perekrut sumber daya manusia yang berpengalaman kadang-kadang dapat mengatur untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah, melalui telepon atau konferensi video. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan pengetahuan tentang merekrut perangkat lunak dan keterampilan komunikasi yang sangat baik. Gelar tidak selalu diperlukan, tetapi beberapa perusahaan akan memberikan preferensi kepada kandidat dengan gelar sarjana dalam sumber daya manusia.

5. Tax Preparer

Pembuat pajak biasanya bekerja berjam-jam selama musim pajak — kira-kira Januari hingga April di AS — dan kemudian memiliki banyak waktu luang selama sisa tahun itu. Bertentangan dengan kepercayaan populer, gelar akuntansi tidak selalu diperlukan untuk peran ini; preparer juga bisa menjadi agen terdaftar dengan lulus ujian IRS komprehensif atau bekerja sebagai preparer yang diawasi di bawah pengacara atau CPA. Persiapan pajak membuat pendapatan tahunan rata-rata $ 36.550 pada 2016, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja.

6. Tutor

Pekerjaan lain untuk mantan guru, tutor bekerja dengan siswa secara pribadi untuk meningkatkan keterampilan akademik mereka. Tutor dapat bekerja dengan siswa secara langsung atau dari jarak jauh melalui konferensi video. Pekerjaan ini memiliki keuntungan menjadi sangat fleksibel — tutor sering dapat menyesuaikan jadwal mereka jika waktu mengizinkan, bekerja lebih atau kurang sesuai kebutuhan.

7. Asisten Virtual

Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan organisasi, komunikasi, dan sumber daya manusia yang sangat baik, serta pengetahuan tentang program perangkat lunak populer seperti Microsoft Office. Namun, peran tersebut pada umumnya tidak memerlukan gelar, membuatnya lebih mudah diakses oleh pekerja yang memiliki pengalaman administrasi tetapi tidak memiliki pendidikan formal pasca-sekolah menengah.

8. Pengembang Web

Pekerjaan yang mengandalkan internet dan teknologi seluler sangat mudah beradaptasi dengan gaya hidup bekerja-dari-rumah.

9. Penulis / Editor:

Mantan reporter, humas dan penulis pemasaran, dan editor seringkali dapat mempertahankan karier mereka sambil bekerja di rumah sebagai pekerja lepas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : thabalancecareer.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro