Buruh tani memilah jamur tiram setelah dipanen di Kampung Cihideung, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (25/1)./ANTARA-Raisan Al Farisi
Health

Penyandang Diabetes Disarankan Konsumsi Jamur

Newswire
Selasa, 14 Januari 2020 - 09:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jamur rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan menu makanan atau bahkan camilan sehat para penyandang diabetes. Sayuran ini bisa dimakan mentah (untuk jenis tertentu), dipanggang dan teknik memasak lainnya sesuai keinginan Anda.

Selain rendah kalori, ada sejumlah hal positif lainnya di balik jamur. Berikut paparan singkatnya seperti dilansir Healthline:

Rendah indeks glikemik

Indeks glikemik (GI) bisa menjadi parameter seberapa besar makanan berdampak pada kadar gula darah. GI jamur 10-15 dan inilah alasan sayuran ini tidak berkontribusi terhadap lonjakan kadar gula darah.

Vitamin B

Jamur menyediakan 23 persen dari kebutuhan harian vitamin B2 dan 16 persen vitamin B3. Vitamin B dibutuhkan untuk melawan demensia dan melambatnya fungsi kognitif terutama bagi orang yang menggunakan metformin untuk mengobati diabetes. Jamur juga bisa melindungi wanita terhadap diabetes gestasional.

Polisakarida

Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam jamur, salah satunya polisakarida, berkontribusi menurunkan gula darah. Senyawa ini juga memperbaiki resistensi insulin.

Serat larut beta glukan adalah jenis polisakarida tertentu yang membantu mengontrol gula darah, terutama setelah makan, dengan memperlambat pencernaan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan tentang manfaat vitamin B dan polisakarida dalam mencegah diabetes.

Turunkan peradangan dan sumber serat

Jamur dapat membantu menurunkan tingkat peradangan yang salah satunya disebabkan diabetes.

Selain itu, kandungan serat yang larut dan tidak larut dalam sayuran ini memberi orang rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan menggila yang menjadi faktor kunci dalam mengendalikan diabetes.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro