Health

5 Makanan Membantu Mengatasi Depresi

Ilham Budhiman
Sabtu, 1 Februari 2020 - 12:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah makanan ternyata dapat menekan rasa depresi yang dialami mengingat gangguan kesehatan mental seperti depresi sering dikaitkan dengan nutrisi yang kita serap.

Dilansir Boldsky, nutrisi dapat memainkan peran utama dalam mengurangi keparahan atau tingkat depresi yang sedang dialami.

Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam lemak omega 3, vitamin B, folat, kalsium, kromium, yodium, selenium dan gizi seng dapat menurunkan tingkat depresi dan penyakit mental lainnya.

Berikut lima makanan-makanan yang membantu menurunkan tingkat depresi:

1. Ikan

Ikan seperti makarel, salmon, tuna, sarden dan ikan trout adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan otak. Sebuah temuan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa makan lebih banyak ikan dapat mengurangi risiko depresi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti folat, vitamin B, vitamin D dan selenium dapat membantu menurunkan risiko depresi dan dapat meningkatkan mood Anda. Konsumsilah buah-buahan seperti apel, pisang, grapefruit, beri, dan buah jeruk secara teratur untuk menurunkan tingkat depresi yang sedang dialami.

3. Sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga sangat penting untuk mengurangi risiko depresi.Tingkatkan konsumsi sayuran seperti kubis Brussel, kubis, dan bayam karena kaya akan folat, zat besi, vitamin B dan nutrisi penting lainnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mete, hazelnut, kacang Brazil dan walnut kaya akan asam lemak omega 3 dan antioksidan polifenol yang dikenal untuk mendukung kesehatan otak secara keseluruhan. Di antara semua kacang-kacangan, kenari dianggap yang terbaik untuk mengurangi risiko depresi dan meningkatkan suasana hati karena mengandung beberapa senyawa neuroprotektif seperti folat, vitamin E, dan antioksidan lainnya.

5. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber asam lemak omega 3, selenium, zat besi dan seng yang dapat membantu meningkatkan mood Anda dan menurunkan risiko depresi. Konsumsi biji-bijian seperti biji rami, biji chia, dan biji fenugreek untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Nancy Junita
Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro