Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Obati Kanker Lambung, Ini Hasil Penelitian dari Indonesia

Sekelompok peneliti Indonesia melakukan satu uji klinik obat kombinasi obat untuk penanganan pasien dengan infeksi kuman H pylori.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  10:16 WIB
Sakit perut - boldsky.com
Sakit perut - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tim peneliti di Indonesia melakukan penelitian terkait penanganan pasien dengan infeksi kuman helicobacter pylori (H. pylori).

H pylori merupakan bakteri gram-negatif yang memegang peran penting dalam gastritis kronis serta ulkus lambung. Selain berhubungan dengan gastritis kronis, infeksi Helicobacter pylori juga berperan dalam kanker lambung.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ari F. Syam mengungkapkan bahwa salah satu uji klinik obat yakni kombinasi obat kebetulan pada penanganan pasien dengan infeksi kuman H pylori. Uji klinik dilakukan secara Double-Blinded Randomized Clinical Trial, artinya peneliti dan pasien tidak tahu obat yang diberikan.

"Kami ingin melihat apakah pemanjangan lama pemberian obat kombinasi 3 macam obat Amoksisilin,Claritromisin dan Rabeprazole  akan lebih efektif yaitu jika diberikan lebih panjang menjadi 14 hari dimana sebelumnya 10 hari. Penelitian ini lolos etik Komite Etik Kesehatan FKUI-RSCM yang kebetulan sudah berstandar internasional," ungkapnya, Selasa (18/8/2020).

Dia mengungkapkan bahwa riset ini didaftarkan ke clinicaltrial.gov. Saat ini mendaftarkan uji klinik ke website ini menjadi seperti kewajiban saat submit ke jurnal internasional.

"Hasil penelitian ini kami submit ke kongres internasional untuk mendapat tambahan masukan dan review. Alhamdulillah, hasil penelitian ini mendapat penghargaan sebagai Presedential Poster pada World Congress of Gastroenterology Organization (WCOG) bersamaan dengan American Congress of Gastroenterology Congress di Orlando USA akhir 2017," katanya.

Dia mengharapkan ada perubahan protokol dalam terapi kuman H pylori dari 10 hari menjadi 14 hari sesuai dengan kesimpulan riset tersebut. Klik ini untuk melihat hasil penelitian dari Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker bakteri asam lambung
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top