Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Caregiver, Sosok Penting di Balik Kesembuhan Pasien Kanker

Caregiving pasien kanker bisa dilakukan oleh suami, anak yang sudah dewasa, orang tua, saudara lainnya, teman ataupun tetangga.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 30 September 2020  |  17:15 WIB
Ilustrasi kanker darah - Istimewa
Ilustrasi kanker darah - Istimewa

Caregiver, Sosok Penting Dibalik Kesembuhan Pasien Kanker

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian besar pasien, diagnosis kanker metastasis sangat menegangkan dan terkadang sulit jika ditanggung sendiri. Oleh karena itu peran pendamping atau caregiver sangat dibutuhkan dalam kondisi ini.

Pasien dengan kanker stadium lanjut seperti kanker payudara metastasis, memiliki pilihan pengobatan jangka panjang yang dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik. Dalam upaya ini, mereka perlu mendapatkan dukungan perhatian dan psikososial guna mengatasi tekanan psikologis dan membantu kesembuhan. Dukungan ini tidak hanya didapat dari keluarga namun juga caregiver.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi dan Onkologi Medik, Cosphiadi Irawan, menjelaskan aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai faktor penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastasis. Khususnya, selama pelaksanaan perawatan di rumah untuk melanjutkan terapi yang dianjurkan oleh dokter dan setelah dirawat di rumah sakit oleh perawat.

Caregiver bukan hanya pendamping namun juga motivator yang diharapkan bisa menjadi keluarga serta mewakili dokter yang tentunya tidak memiliki waktu menemani dan merawat secara intensif. "Dokter terbatas dampingi pasien, paling diskusi di ruangan 40 persen walaupun skema pengobatan penuh, tapi ketika di rumah, 70 persen pasien berjuang sendiri. Caregiver bisa membantu dan memahami kondisi pasien," ujar Cosphiadi dalam diskusi online, Rabu (30/9/2020).

Seorang caregiver selain pendampingan psikososial, dia harus menjadi penyaring dan pemilah informasi dari berbagai sisi. Cosphiadi menyebut biasanya informasi kurang tepat terkait pengobatan datang pada pasien kanker maupun keluarganya. Peran caregiver sangat penting di sini. Dia bisa menjadi penyambung lidah dokter yang kerap kali tidak mengetahui kondisi pasien.

"Caregiver bikin link komunikasi, dengan adanya peran tersebut bisa saja 50 persen pasien sembuh dengan pengobatan yang benar. Tadinya mau mundur, dengan diberikan asupan caregiver, dia balik pengobatan lagi," sebutnya.

Ketua Makassar Cancer Care Community (MCCC) Nurlina Subair, menyebut beberapa pasien kanker metastasis yang divonis sudah stadium 4, dengan adanya caregiver bisa bertahan hidup selama 7 tahun. "Ketika mental diberikan support akhirnya mereka lebih aktif dan kuat," tuturnya.

Adapun Nurlina menambahkan, caregiving dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memahami cara pelaksanaannya, baik oleh suami, anak yang sudah dewasa, orang tua, saudara lainnya, teman ataupun tetangga, sepanjang dipelajari untuk meredakan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup dari pasien dan keluarganya, serta membantu meningkatkan kehidupan psikososial dari pasien.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit kanker
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top