Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kapan Waktu Makan Malam yang Tepat Agar Berat Badan Turun?

Para ahli menyarankan untuk makan sebelum perut terasa sangat lapar, baik pada siang dan malam hari.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  05:48 WIB
Ilustrasi makanan - Antara/Pixabay
Ilustrasi makanan - Antara/Pixabay

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengurangi berat badan, maka Anda harus memiliki jam yang tepat untuk mengonsumsi hidangan makan malam.

Jadwal makan yang tidak konsisten dan kacau akan meningkatkan berat badan Anda. Saat jadwal makan malam kacau berat badan bisa saja meningkat tanpa disadari.

Mengutip dari Times of India, Kamis (29/10/2020), makan malam yang waktu tepat setiap hari, bisa membantu Anda tetap sehat dan menurunkan berat badan.

1. Makan besar

Makan besar tepat sebelum tidur dapat merusak siklus tidur Anda, sehingga Anda harus mengatur waktu makan malam dengan cara yang tidak merusak tidur Anda. Tujuannya adalah menyelesaikan makan malam (dan hidangan penutup) setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan malam 2-3 jam sebelum tidur memiliki tingkat kanker, resistensi insulin dan peradangan yang lebih rendah. Atlet dan orang-orang yang mengikuti program latihan kekuatan harus makan camilan kaya protein satu jam sebelum tidur.

2. Jarak ideal antara makan siang dan makan malam

Harus ada jeda 4-5 jam antara makan siang dan makan malam. Celah ini memungkinkan makanan dicerna dengan baik sebelum Anda mengonsumsi makanan lain. 

3. Camilan di sela waktu makan

Para ahli menyarankan untuk makan saat Anda sedikit lapar dan tidak merasa lapar sepenuhnya. Karena kebanyakan orang makan siang sekitar tengah hari dan makan malam pada pukul 6-7, disarankan untuk makan siang sekitar pukul 3 sore dan 4 sore.

4. Camilan ideal

Kudapan sebaiknya kurang dari 200 kalori dan kurang dari lima gram gula. Jangan lupa untuk mengonsumsi camilan yang mengandung protein.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat diet Makan Malam
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top