Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan./Healthline
Health

Ini Jenis Teh yang Mujarab Meredakan Sakit Perut

Newswire
Sabtu, 7 November 2020 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teh bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit perut dan mual pada tubuh. Teh juga bisa meredakan stres saat pandemi virus corona.

Seperti dilansir dari laman Mind Body Green, ada beberapa kemungkinan penyebab mual pada perut. Teh biasanya digunakan untuk pengobatan, kemoterapi, gangguan gastrointestinal, migrain, kegelisahan, depresi, mabuk, morning sickness atau kehamilan dan gangguan tiroid.

Berikut 5 jenis teh yang mujarab untuk mengobati sakit perut:

1. Teh jahe

Jahe biasanya digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan perut, termasuk mual. Seiring dengan sifat anti-inflamasi, ahli diet integratif Ali Miller. Adapun jahe mengandung fungsi antiemetik dan karminatif, yang membantu dalam pemecahan gas dan mendukung pergerakan usus.

Pada 2016 menyebutkan khasiat teh jahe antara lain dapat membantu mengurangi rasa mual selama kehamilan dan kemoterapi.

2. Teh peppermint

Minyak peppermint juga telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk mengurangi sakit perut, gas, dan diare pada pasien dengan sindrom iritasi usus besar. Sementara penelitian tidak melihat teh peppermint, para peneliti mengakui bahwa teh peppermint mengandung minyak esensial mint dan tidak diketahui memiliki efek samping.

Selain itu, "Mint tampaknya mengendurkan sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan secara keseluruhan," ahli diet terdaftar Isabel Smith, R.D., CDN, sebelumnya mengatakan. Semua manfaat gastrointestinal ini dapat membantu meredakan perasaan mual dan ketidaknyamanan perut.

3. Teh chamomile

Kebanyakan orang beralih ke teh chamomile ketika mereka membutuhkan bantuan untuk tidur, tetapi manfaatnya melebihi waktu tidur.

Sebuah studi menyatakan, "Chamomile telah dinilai sebagai pelemas pencernaan dan telah digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan termasuk perut kembung, gangguan pencernaan, diare, anoreksia, mabuk perjalanan, mual, dan muntah."

4. Teh adas

Mirip dengan peppermint dan chamomile, Smith pernah berkata, "Adas meringankan otot saluran pencernaan." Hal ini membuat teh adas bermanfaat untuk mengurangi kembung tetapi juga mual. Faktanya, satu uji coba terkontrol secara acak menemukan teh adas dapat membantu mengurangi intensitas mual saat menstruasi.

5. Teh licorice

"Akar licorice banyak digunakan sebagai pemanis dalam banyak makanan dan minuman, tetapi meskipun rasanya enak, ia juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan," kata ahli Ayurveda dan guru kelas mbg Sahara Rose.

Salah satu manfaatnya, menurut penelitian, adalah kemampuannya untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro