Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Sehat Bagi Penderita Kanker di Masa Pandemi

Data menunjukkan bahwa orang dengan sakit kanker terkena Covid-19 lebih rentan terkena komplikasi Covid-19 yang berat hingga menyebabkan kematian.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 10 November 2020  |  08:48 WIB
Ilustrasi kanker darah - Istimewa
Ilustrasi kanker darah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Penderita kanker adalah salah satu yang paling terdampak pandemi ini, mulai dari penegakan diagnosis hingga terapi. Apa yang perlu dilakukan para penderita kanker dengan situasi seperti ini?

Masalah utama yang dihadapi penderita kanker saat ini adalah penegakan diagnosis kanker dapat tertunda, risiko terkena Covid-19, Jika terkena Covid maka akan berpotensi terkena Covid dengan derajat yang berat, terapi kemoterapi atau stem cell yang biasa dilakukan pada penderita kanker berpotensi menurunkan kekebalan tubuh.

Dokter spesialis penyakit dalam, Decsa Medika mengatakan bahwa dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker memang lebih rentan terkena Covid-19. Tapi yang perlu diperjelas tiap jenis kanker berbeda-beda kerentanan terhadap Covid-19, penelitian masih berjalan, masih bisa berubah-ubah.

“Data menunjukkan bahwa orang dengan sakit kanker terkena Covid-19 lebih rentan terkena komplikasi Covid-19 yang berat hingga menyebabkan kematian, Angka mortalitas pasien kanker yang terinfeksi Covid-19 bisa mencapai 25 persen- 39 persen. Data di Inggris menunjukkan bahwa tipe kanker darah lebih sering menyebabkan Covid-19 yang berat daripada kanker dengan tumor padat,” dikutip #SeriPenyakitKanker dari Instagram @dokterdecsa, Selasa (10/11/2020).

Gejala darurat yang perlu diwaspadai penderita kanker adalah demam, sesak nafas, penurunan kesadaran, tidak mau makan, nyeri hebat, batuk, perdarahan. Jika ada gejala ini maka disarankan  untuk segera ke rumah sakit terdekat. Jika Anda harus menjalani kemoterapi atau radiasi di rumah sakit apa yang sebaiknya dilakukan adalah berkomunikasi dengan dokter yang merawat Anda.

“Pada beberapa kanker, ada terapi yang tidak dapat ditunda dan dapat bermanfaat untuk kesembuhan penyakit kanker itu sendiri. Namun Ada beberapa kanker yang masih bisa ditunda terapinya atau mungkin tidak perlu terapi,” ujarnya.

Selain itu, yang perlu dilakukan penderita kanker untuk mencegah terkena Covid-19 adalah dengan menggunakan masker 3 lapis medis atau kain, cuci tangan secara rutin, jaga kebersihan, jangan menyentuh wajah, sebaiknya di rumah saja dan hindari kontak dengan orang sakit.

Jikapun harus keluar rumah, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, hindari menyentuh benda di rumah sakit dan mempertimbangkan selalu ventilasi, durasi dan jarak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top