Ilustrasi mulut/Istimewa
Health

Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 25 November 2020 - 17:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sariawan memang tidak termasuk penyakit mulut yang serius dan tidak berbahaya, sehingga perawatannya kerap dianggap sebelah mata.

Hal ini dikarenakan kanker mulut memang masih terbilang jarang terjadi di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, tercatat 5,6 persen dari total kasus kanker. Akan tetapi, diperkirakan akan meningkat 21,5 persen di tahun 2020 akibat kurangnya deteksi dini dan gejala yang kerap diabaikan.

Nyatanya, menurut dr. Rusmawati, Sp.PM dari RS Mitra Keluarga, Bintaro, secara umum kita harus bisa membedakan sariawan biasa dengan kanker. Terutama melalui beberapa indikator yaitu waktu penyembuhan sariawan, tingkat kesakitan, lokasi sariawan, meraba sekitar luka sariawan serta melihat perubahan warna ada bercak putih dan merah atau tidak di rongga mulut.

Umumnya, yang merupakan gejala kanker mulut yakni sariawan lebih dari 1 bulan, rasa sakit di rongga mulut yang tidak sembuh, pembengkakan pada dagu akibat pembengkakan kelenjar limfa submandibular, adanya rasa ganjal di tenggorakan yang tidak hilang, kesulitan mengunyah dan menelan, gigi goyang/tanggal di sekitar tumor, benjolan pada leher, penurunan berat badan dan bau mulut.

Oleh sebab itu, dalam menjaga kesehatan mulut, kita bisa melakukannya secara mandiri melalui gerakan Sa-Mu-Ri (Periksa Mulut Sendiri) yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu cuci tangan hingga bersih, berdiri di depan cermin, periksa bibir bagian atas dan bawah, periksa gusi atas dan bawah, periksa pipi bagian kanan dan kiri.

“Lalu periksa lidah bagian atas dan bawah, periksa rongga mulut atas dan bawah, periksa lidah sisi kanan dan kiri serta periksa kelincahan, ke-kakuan dan pergerakan lidah,” kata Rusnawati dilansir dari siaran pers, Rabu (25/11/2020).

Menurut Vania Harista Product Manager PT Kalbe Farma Tbk, dalam pengobatan sariawan prinsip yang harus diperhatikan adalah kita harus mengatasi gejala dan mengatasi penyebabnya, untuk itu dalam pengobatannya kita harus memperhatikan obat sariawan yang ideal dan terbuat dari bahan alami. Salah satunya dari produk Kalbe yakni Aloclair.

Dia menjelaskan, Aloclair Plus merupakan obat sariawan yang efektif buat lapisan pelindung untuk mengurangi nyeri, efek tahan lama, kerja cepat, aman jika tertelan, bahan aktif aman, dan tolerabilitas baik, tidak menimbulkan iritasi dan rasa perih dan mudah digunakan.

“Aloclair plus memiliki 3 jenis kemasan yang tepat mengatasi sariawan pada bayi, anak serta orang dewasa yaitu Aloclair Plus Gel 8 mL, Aloclair Plus Spray 15 mL dan Aloclair Plus Mouthwash 60 mL,” lanjut Vania.

Aloclair memiliki kandungan Aloe Vera sebagai antiinflamasi, antiseptik, analgesik dan pembalut luka, Sodium Hyaluronate sebagai jaringan ikat, melembapkan, dan mempercepat penyembuhan luka, Glycyrrhetinic Acid mengadung ekstrak akar licorice sebagai antiinflamasi, dan Polyvinylpyrrolidone merupakan zat yang tidak diserap tubuh, disetujui FDA, dan mampu membentuk lapisan pelindung yang tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro