Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resensi Buku Adapt or Die: Strategi Menghadapai Perubahan Industri Public Relations

Agung Laksamana menuliskan dalam buku Adapt or Die untuk mengajak masyarakat beradaptasi dengan teknologi.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  11:50 WIB
Agung Laksamana membagikan tips bagi PR untuk beradaptasi di tengah pandemi. - Syaiful Millah
Agung Laksamana membagikan tips bagi PR untuk beradaptasi di tengah pandemi. - Syaiful Millah

Bisnis.com, JAKARTA - I can’t go back to where I used to be ... A whole new world. Ini adalah kutipan dari lirik lagu A Whole New World yang menjadi musik pengiring dalam film animasi Aladdin besutan Disney, yang digunakan oleh Agung Laksamana dalam buku anyarnya berjudul Adapt or Die sebagai pembuka.

Dunia baru adalah realitas masa kini dengan perkembangan pesat teknologi yang mendorong revolusi industri 4.0 ditambah dengan terpaan pagebluk virus corona yang secara menyeluruh mengubah sendi kehidupan, termasuk dunia dan industri public relations (PR).

Dalam bukunya itu, Agung banyak menuturkan perubahan yang kerap terjadi di dunia PR bahkan sebelum terjadinya pandemi. Penggunaan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) menjadi salah satu sorotan, bagaimana teknologi itu bisa berdampak baik dan buruk bagi lingkungan kerja di industri PR.

Perubahan yang diakibatkan oleh pandemi juga tak luput dari bahasan, bahwa para insan PR perlu mengamati betul setiap pergeseran pola perilaku berbagai pihak terkait guna menentukan strategi yang jitu. Perubahan perilaku masyarakat menuntut perubahan pendekatan yang perlu diterapkan.

Selain soal kondisi perubahan menuju ‘dunia baru’, buku ini juga tak lupa menyinggung berbagai hal mendasar atau prinsipil dari pekerjaan dan dunia public relations. Agung banyak memberikan tip praktis tentang apa yang harus menjadi pondasi dan apa yang perlu diubah serta diadaptasi oleh para praktisi di bidang ini.

Adaptasi teknologi, tetap eksis, kehadiran digital, bercerita secara kreatif, percaya dengan tetap memverifikasi adalah sebagian kecil pembahasan praktikal yang disuguhkan Agung dalam bukunya tersebut.

Buku ini juga banyak memberikan konteks yang lebih luas dari sekadar dunia PR itu sendiri, misalnya keterkaitan dengan dunia media massa atau media sosial. Agung bahkan menggambarkan perkembangan industri media dengan gamblang sekaligus menjabarkan keterhubungannya dengan industri PR secara padu.

Satu hal yang menarik dari buku ini adalah informasi dan data yang disuguhkan sangat membantu dan sesuai konteks poin yang sedang dibahas. Dalam buku ini, Agung menyertakan banyak hasil penelitian terkini yang sangat valid untuk diperhatikan.

Selain itu, ada banyak contoh kasus riil yang dipaparkan. Ini sangat memudahkan guna memahami narasi yang ingin disampaikan selain sebagai informasi itu sendiri, yang akan memperkaya wawasan dan pengetahuan pembaca tentang dunia dan industri public relations.

Adapun, sebagaimana judulnya, buku ini menggambarkan pilihan bagi para praktisi bidang PR saat ini dan ke depan adalah beradaptasi dengan segala macam dan bentuk perubahan yang terjadi, dengan tetap berdiri pada pondasi fundamental bidang PR yakni trust dan relationship.

Lebih dari itu, kemajuan teknologi dan perkembangan dunia digital harus dimanfaatkan untuk mendorong industri ke arah yang lebih baik bukan malah sebaliknya. Jika tidak demikian, bukan tidak mungkin pelaku bidang ini akan tergerus dan mati.

Judul Buku : Adapt or Die

Penulis : Agung Laksamana

Penerbit : Orbit Indonesia

Cetakan : Cetakan Pertama 2020

Jumlah Halaman : xvi + 136 hal

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku public relations resensi buku
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top