Ilustrasi/Antara
Health

Polandia Larang Vaksin AstraZeneca untuk Lansia, Ada Apa?

Ika Fatma Ramadhansari
Rabu, 3 Februari 2021 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Polandia memutuskan untuk tidak memberi vaksin Covid-19 buatan AstaZeneca kepada orang tua atau penduduk lanjut usia (lansia).

Asisten Utama Perdana Menteri Polandia yang bertanggung jawab atas program vaksinasi Polandia Michal Dworczyk mengatakan hanya akan menyuntikkan vaksin Covid-19 buatan Oxford University tersebut pada penduduk berusia 18 hingga 60 tahun.

"Kemarin malam, dewan medis mengajukan rekomendasi mengenai vaksin AstraZaneca. Berdasarkan hal tersebut, diputuskan bahwa vaksin akan digunakan di Polandia untuk rentang usia 18 dan 60 tahun," ungkap Michal Dworczyk dikutip dari Aljazeera, Rabu (3/2/2021).

Dia mengatakan Polandia juga mengikuti rekomendasi ahli medis di Jerman dan Austria, yaitu vaksin harus diberikan kepada orang berusia 18 hingga 64 tahun.

Dikutip Aljazeera pada Selasa (2/2/2021), badan kesehatan Swedia juga tidak merekomendasikan vaksin AstraZeneca untuk penduduk berusia di atas 65 tahun. Di sisi lain, kementerian kesehatan Spanyol baru akan memutuskan dalam minggu ini akan memberikan vaksin AstraZeneca kepada orang tua atau tidak.

Kepala eksekutif AstraZeneca Pascal Soriot menepis kekhawatiran terkait dengan kemanjuran vaksin buatan perusahaannya. Meski demikian, dia mengaku perusahaan memiliki lebih sedikit data dibandingkan produsen obat lain terkait dengan lansia.

"Namun, kami memiliki data kuat yang menunjukkan produksi antibodi yang sangat kuat terhadap virus pada orang tua, serupa dengan yang kami lihat pada orang dengan usia lebih muda," ujar Soriot dikutip pada Rabu (3/2/2021).

Regulator obat-obatan Eropa menyetujui vaksin Covid-19 buatan Oxford-AstraZeneca untuk digunakan pada orang usia 18 tahun ke atas pada Jumat (29/1/2021) lalu. Namun, masih belum ada hasil yang mengatakan seberapa baik vaksin akan bekerja untuk orang berusia dia atas 55 tahun.

Vaksin AstraZeneca sendiri diketahui lebih murah dibandingkan vaksin buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Selain itu, vaksin AstraZeneca dapat disimpan pada suhu lemari es biasa.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini tengah menunggu kedatangan vaksin AstraZeneca. Indonesia berkomitmen membeli sebanyak 50 juta dosis vakin dari buatan Inggris tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro