Joko Anwar. /imdb.com
Entertainment

Setelah Musisi, Giliran Sineas Film Surati Jokowi. Begini Isinya

Luke Andaresta
Jumat, 5 Maret 2021 - 22:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah beberapa hari yang lalu musisi tanah air menyurati Jokowi, giliran para pelaku industri film menuliskan harapannya bahwa bioskop dapat dibuka kembali.

Insan film Indonesia kompak mengunggah surat yang ditujukan untuk Presiden Jokowi pada laman instagram mereka. Salah satunya adalah sutradara Joko Anwar. Surat itu juga ditulis oleh beberapa lembaga film Indonesia seperti Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan Asosiasi Perusahaan Film Indonesia.

Dalam surat itu disebutkan bahwa selama pandemi, puluhan ribu pekerja film mengalami kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat. Industri film juga sudah kehilangan potensi pemasukan terbesarnya, karena bioskop sedang kesulitan bertahan.

“Bioskop, walau dibuka dengan kapasitas 50 persen, nyatanya masyarakat masih takut untuk datang. Akibatnya karyawan bioskop yang besar jumlahnya di seluruh Indonesia makin terancam kehilangan pekerjaan,” tulis surat itu yang dikutip Bisnis melalui instagram @jokoanwar, Jumat (5/3/2021).

Para sineas film menuliskan bahwa keberhasilan industri film di sebuah negara adalah investasi besar. Film dinilai efektif membangun ke-Indonesia-an masyarakat di dalam negeri dan memperkenalkan nama Indonesia ke panggung dunia.

Mereka berharap bahwa bioskop bisa segera beroperasi lagi karena di bioskoplah film bisa bertemu dengan penontonnya dan pembajakan film yang kian merajalela di masa pandemi ini harus segera diberantas tuntas.

“Kami sangat berharap koordinasi pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terkait di Kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan kepada perfilman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan,” tulis surat tersebut.

Berikut ini isi surat lengkapnya.

Setelah Musisi, Giliran Sineas Film Surati Jokowi. Begini Isinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro