Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Musisi, Giliran Sineas Film Surati Jokowi. Begini Isinya

Setelah beberapa hari yang lalu musisi tanah air menyurati Jokowi, giliran para pelaku industri film menuliskan harapannya bahwa bioskop dapat dibuka kembali.
Luke Andaresta
Luke Andaresta - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  22:06 WIB
Joko Anwar.  - imdb.com
Joko Anwar. - imdb.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah beberapa hari yang lalu musisi tanah air menyurati Jokowi, giliran para pelaku industri film menuliskan harapannya bahwa bioskop dapat dibuka kembali.

Insan film Indonesia kompak mengunggah surat yang ditujukan untuk Presiden Jokowi pada laman instagram mereka. Salah satunya adalah sutradara Joko Anwar. Surat itu juga ditulis oleh beberapa lembaga film Indonesia seperti Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan Asosiasi Perusahaan Film Indonesia.

Dalam surat itu disebutkan bahwa selama pandemi, puluhan ribu pekerja film mengalami kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat. Industri film juga sudah kehilangan potensi pemasukan terbesarnya, karena bioskop sedang kesulitan bertahan.

“Bioskop, walau dibuka dengan kapasitas 50 persen, nyatanya masyarakat masih takut untuk datang. Akibatnya karyawan bioskop yang besar jumlahnya di seluruh Indonesia makin terancam kehilangan pekerjaan,” tulis surat itu yang dikutip Bisnis melalui instagram @jokoanwar, Jumat (5/3/2021).

Para sineas film menuliskan bahwa keberhasilan industri film di sebuah negara adalah investasi besar. Film dinilai efektif membangun ke-Indonesia-an masyarakat di dalam negeri dan memperkenalkan nama Indonesia ke panggung dunia.

Mereka berharap bahwa bioskop bisa segera beroperasi lagi karena di bioskoplah film bisa bertemu dengan penontonnya dan pembajakan film yang kian merajalela di masa pandemi ini harus segera diberantas tuntas.

“Kami sangat berharap koordinasi pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terkait di Kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan kepada perfilman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan,” tulis surat tersebut.

Berikut ini isi surat lengkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bioskop sineas indonesia Presiden Joko Widodo
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top