Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin AstraZeneca Dinyatakan Aman Oleh Badan POM

Dalam rangka pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Badan POM menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk Vaksin AstraZeneca pada 22 Februari 2021.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 09 Maret 2021  |  15:09 WIB
Pengiriman pertama vaksin AstraZeneca untuk Virus Corona (Covid-19) diturunkan dari pesawat di Bandara Internasional Borispil, luar Kyiv, Ukraina, Selasa (23/2/2021). - Antara\\r\\n \\r\\n
Pengiriman pertama vaksin AstraZeneca untuk Virus Corona (Covid-19) diturunkan dari pesawat di Bandara Internasional Borispil, luar Kyiv, Ukraina, Selasa (23/2/2021). - Antara\\r\\n \\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Badan POM menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk Vaksin AstraZeneca pada 22 Februari 2021.

Vaksin AstraZeneca merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Oxford University bekerja sama dengan AstraZeneca menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector (ChAdOx 1).

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mengatakan Badan POM telah melakukan proses evaluasi keamanan karena Vaksin AstraZeneca yang didaftarkan ke Badan POM melalui dua jalur yang berbeda.

Kedua jalur tersebut yaitu jalur bilateral oleh PT. Astra Zeneca Indonesia dan jalur multilateral melalui mekanisme Covax Facility yang didaftarkan oleh PT Bio Farma.

"Badan POM telah melakukan proses evaluasi untuk keamanan, khasiat, dan mutu dari vaksin Astra Zeneca tersebut. Proses evaluasi dilakukan bersama-sama dengan tim ahli dan klinisi terkait lainnya,” kata Penny secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Berdasarkan data hasil uji klinik Penny menyampaikan, pemberian Vaksin Astra Zeneca 2 dosis dengan interval 4-12 minggu pada total 23.745 subjek dinyatakan aman dan dapat ditoleransi dengan baik.

Vaksin AstraZeneca menunjukkan kemampuan yang baik dalam merangsang pembentukan antibodi, baik pada populasi dewasa maupun lanjut usia.

Penny menyakinkan bila vaksin tersebut memenuhi syarat mutu kerena telah dilakukan evaluasi menyeluruh dari Badan POM.

"Seperti vaksin sebelumnya yaitu vaksin Sinovac dan vaksin produksi PT Bio Farma, untuk memperoleh EUA, Badan POM melakukan proses pelulusan produk. Maka setelah pelulusan produk vaksin tersebut siap untuk digunakan dalam program vaksinasi,” tutup Kepala Badan POM tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top