Ilustrasi/Brazenwoman
Health

Tidur 8 Jam Tapi Selalu Merasa Lelah, Ini Kata Pakar

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 16 Maret 2021 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com - JAKARTA, Kebanyakan dari Anda pasti sangat menyadari manfaat kesehatan dari tidur malam yang cukup. Tidur dapat menenangkan suasana hati dan menyeimbangkan kinerja otak. Bahkan dengan tidur yang cukup baik untuk peremajaan kulit.

Namun, bagaimana jika merasa lelah setelah tidur cukup hingga 8 jam ?

Pakar kesehatan tidur, dr. Andreas Prasadja mengatakan faktor mendengkur menjadi salah satu pemicu  tidur dengan durasi lama namun tidak berkualitas.

"Mendengkur ini akan mengganggu kinerja nafas seseorang. Saluran nafas terkadang berhenti dan berlanjut, ini membuat penurunan oksigen dalam darah. Sistem otak terkadang terbangun tanpa tanpa terjaga. Hal ini mengakibatkan tidak sepenuhnya tubuh beristirahat meskipun lama tidur," kata  Andreas pada acara webinar dari Philips bertajuk world sleep day, Selasa (16/3/2021)

Andreas juga menjelaskan bila seseorang yang mendengkur saat tidur dapat disebabkan oleh gaya hidup dan asupan makanan yang tidak seimbang. Hal tersebut membuat saluran nafas tersumbat.

Jika dibiarkan terlalu lama, ini akan menggangu kesehatan fisik maupun mental seseorang, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Mengubah ritme gaya hidup bisa jadi pilihan yang tepat dan mudah dilakukan. Misalnya dengan diet dan berolahraga bagi yang memiliki berat badan berlebih, kemudian atur kandungan gizi pada asupan makanan dan terakhir lakukan meditasi.

"Bila semua hal tersebut tidak berhasil di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Mintalah saran dari mereka langkah apa yang tepat harus dilakukan. Jangan gunakan sembarangan obat tanpa dosis dokter," tutup Andreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro