Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) secara drive thru di halaman GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). /ANTARA
Health

Ini Persiapan Penting Sebelum Disuntik Vaksin Virus Corona

Hanafi Nurmahdi
Senin, 29 Maret 2021 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi virus corona (Covid-19) di Indonesia telah dilakukan secara bertahap mulai dari tenaga kesehatan, kelompok usia rentan, hingga nantinya masyarakat umum.

Selama pelaksanaannya, vaksinasi memiliki kendala berbagai masalah, mulai dari izin dari pemerintah, bahan pembuatannya, hingga efek samping setelah melakukannya.

Vaksinasi Covid-19 dapat memunculkan reaksi berbeda bagi sebagian orang. Usia seseorang setelah divaksin memiliki efek samping yang bermacam-macam. Keluhan yang dirasakan bisa berupa sakit kepala, kelelahan, hingga demam.

Oleh karena itu, sebelum melakukan vaksinasi, perlu diketahui tips berikut agar nyaman dan rileks saat melakukan vaksinasi.

Berikut rangkuman tips sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 yang dikutip dari @diskominfojabar:

1. Hindari minuman beralkohol,

2. Sebaiknya olahraga berlebihan,

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi,

4. Istirahat yang cukup, dan

5. Jalani pengobatan dari dokter bagi yang memiliki penyakit kronis.

Perlu diketahui, setelah mendapatkan vaksin, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan guna mengurangi penularan dan penyebaran virus corona. Vaksin bisa melindungi diri dan jadi pendorong imunitas, namun orang yang sudah divaksin masih bisa terjadi penularan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro