Olah raga untuk kesehatan./Istimewa
Health

Hari Kesehatan Sedunia: 7 Tips Jalani Gaya Hidup Lebih Sehat

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 7 April 2021 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengganggu berbagai aspek kehidupan sehingga berdampak pada kesehatan fisik dan mental banyak orang.

7 April 2021, diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia. Hari ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali melakukan gaya hidup lebih sehat.

Untuk membantu Anda, berikut ini 7 tips menjalani gaya hidup lebih sehat ala ahli gizi Rujuta Diwekar seperti dilansir dari Times of India:

1. Awali hari Anda dengan buah-buahan

Agar tetap berenergi sepanjang hari, penting untuk memulai hari Anda dengan benar. Mulailah hari Anda dengan mengonsumsi buah, kacang almond, atau kismis basah dengan kunyit untuk meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang.

2. Jangan pernah menetapkan penurunan berat badan sebagai tujuan

Salah satu hal paling tidak berguna dalam hidup adalah menetapkan tujuan penurunan berat badan. Berat badan bukanlah indikator kegemukan atau kebugaran, ini hanya menunjukkan apa hubungan gaya gravitasi bumi dengan massa tubuh Anda.

"Jadi, jika kita ingin sehat dan cantik, perlu dipahami bahwa kesehatan yang baik tidak ada hubungannya dengan berat badan. Seseorang harus berkomitmen pada kebiasaan sehat seperti olahraga, tidur yang nyenyak, dan makan yang benar,"kata Diwekar.

3. Makan makanan yang diproduksi secara lokal

Selalu pilih makanan lokal, yang tersedia di dekat Anda. Setidaknya dalam jarak 100 km dan pilih makanan yang ekologis dan ekonomis. Beri penekanan pada makan makanan musiman. Misalnya selama musim panas, buah-buahan berair termasuk semangka atau biji-bijian.

4. Ghee membuat Anda sehat

Pernyataan Ghee akan membuat saya gemuk merupakan mitos! Satu sendok teh ghee di setiap makan, termasuk makan siang, makan malam dan sarapan membantu menyediakan vitamin yang larut dalam lemak seperti Vitamin D, A, E, K ke tubuh.

5. Jauhkan gadget dan kurangi screen time

Masalah utama yang terjadi saat ini, terutama selama pandemi Covid-19, meningkatnya screen time atau waktu melihat layar gadget. Jauhkan ponsel atau gadget lainnya, terutama saat makan.

6. Olahraga untuk kesehatan dan suasana hati yang baik

Seperti makanan, olahraga juga penting bagi tubuh. Latihan memiliki empat pilar, yaitu kekuatan, stamina, stabilitas, dan peregangan. Setidaknya 30 menit olahraga atau 3 jam seminggu diperlukan untuk semua orang.

"Ingatlah selalu untuk melakukan pemanasan diikuti dengan latihan intensitas tinggi dan kemudian latihan lainnya dan diakhiri dengan pendinginan. Tidak ada obat yang sekuat olahraga," ujarnya.

7. Makan dengan baik dan tidur nyenyak

Tidur malam yang nyenyak memastikan tubuh Anda pulih. Agar bisa tidur nyenyak, seseorang harus makan makanan sehat, seperti pisang. Makan sekitar pukul 4 sore - 6 sore dapat mengurangi stres.

Untuk makan malam, Anda bisa memilih nasi dan minuman antiinflamasi seperti susu kunyit (dengan 2 kacang mete, sejumput jaifal dan 2-3 helai kesar) juga direkomendasikan untuk tidur nyenyak.

Sumber: Times of India 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro