Ilustrasi perut kembung / Istimewa
Health

5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Perut Kembung

Newswire
Sabtu, 17 April 2021 - 12:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perut kembung bisa disebabkan oleh beragam faktor seperti stres, konsumsi obat, makan terlalu banyak hingga terburu-buru, dehidrasi, merokok, dan lain-lain.

Namun, penyebab utama perut kembung sering kali dipicu dari kesalahan mengonsumsi makanan atau minuman. Makanan tersebut memiliki kandungan-kandungan yang mampu meningkatkan akumulasi gas dalam tubuh.

Ahli kesehatan menyebut bahwa perut kembung atau begah bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga yang orang tua. Karena itu, Anda sebaiknya memerhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut 5 jenis makanan yang menyebabkan perut kembung dan begah seperti dilansir dari Tempo.co:

1. Makanan Asin
Kelebihan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan retensi cairan, yaitu kondisi ketika cairan tidak bisa keluar dari tubuh sepenuhnya. Akibatnya, air terjebak dalam perut dan menyebabkan begah.

2. Makanan dengan Pemanis Buatan
Beberapa jenis pemanis tambahan mengandung zat yang sulit dicerna oleh tubuh. Zat-zat ini akan menumpuk dalam perut dan akhirnya membuat perut terasa kembung. Jadi, sebaiknya batasi takaran gula tambahan yang dikonsumsi sehari-hari.

3. Minuman Berkarbonasi
Minuman berkarbonasi seperti soda, serta sparkling water mengandung banyak gelembung. Gelembung yang tidak dapat keluar akan terjebak dalam sistem pencernaan. Bersama gas yang menumpuk, hal ini akan membuat begah terasa semakin parah.

4. Produk Olahan Susu
Beberapa orang memiliki sistem pencernaan yang sensitif terhadap laktosa. Laktosa adalah gula yang terdapat dalam produk susu. Bagi orang dengan intoleransi laktosa, mengonsumsi susu dapat menyebabkan perut kembung dan gejala lainnya pada sistem pencernaan.

5. Kubis dan Kol
Penyebab perut kembung bisa berasal dari sayur kubis atau kol, dan sayuran sejenisnya tinggi akan rafinosa, yaitu sejenis gula yang baru dapat dicerna dalam proses fermentasi bakteri. Fermentasi menghasilkan gas berlebih sehingga makanan ini tidak disarankan untuk orang yang mengalami perut kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro