Ilustrasi sistem pencernaan tubuh / Mayo Clinic
Health

Waspada! Ini 9 Gejala Kanker Pankreas

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 24 Mei 2021 - 14:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker pankreas dimulai di jaringan pankreas Anda, yaitu organ di perut yang terletak di belakang bagian bawah perut. Pankreas Anda melepaskan enzim yang membantu pencernaan dan menghasilkan hormon yang membantu mengelola gula darah Anda.

Beberapa jenis pertumbuhan dapat terjadi di pankreas, termasuk tumor kanker dan non-kanker. Jenis kanker paling umum yang terbentuk di pankreas dimulai di sel yang melapisi saluran yang membawa enzim pencernaan keluar dari pankreas (pancreatic ductal adenocarcinoma).

Kanker pankreas jarang terdeteksi pada tahap awal saat paling dapat disembuhkan. Ini karena seringkali tidak menimbulkan gejala sampai setelah menyebar ke organ lain. Pilihan pengobatan kanker pankreas dipilih berdasarkan luasnya kanker. Pilihannya mungkin termasuk operasi, kemoterapi, terapi radiasi atau kombinasi dari semuanya.

Kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas Anda mengembangkan perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Mutasi ini memberitahu sel untuk tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel normal mati.

Sel-sel yang terakumulasi ini dapat membentuk tumor. Jika tidak diobati, sel kanker pankreas dapat menyebar ke organ dan pembuluh darah terdekat dan ke bagian tubuh yang jauh.

Kebanyakan kanker pankreas dimulai di sel yang melapisi saluran pankreas. Jenis kanker ini disebut adenokarsinoma pankreas atau kanker eksokrin pankreas. Kanker dapat terbentuk di sel penghasil hormon atau sel neuroendokrin pankreas, meski jarang terjadi. Jenis kanker ini disebut tumor neuroendokrin pankreas, tumor sel pulau atau kanker endokrin pankreas.

Tanda dan gejala kanker pankreas seringkali tidak muncul sampai penyakit tersebut mengalami pemburukan. Berikut 9 gejala kanker pankreas seperti dilansir dari Mayo Clinic:

1. Sakit perut yang menjalar ke punggung Anda
2. Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan
3. Menguningnya warna kulit dan bagian putih mata Anda (penyakit kuning)
4. Kotoran berwarna terang
5. Urine berwarna gelap
6. Kulit terasa gatal
7. Diagnosis baru diabetes atau diabetes yang sudah ada menjadi lebih sulit dikendalikan
8. Gumpalan darah
9. Kelelahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro