Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Faktor Risiko Terjadinya Diabetes Tipe 1, 2, dan Gestanional

Berikut faktor risiko yang terjadi pada diabetes tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestanional yang perlu Anda ketahui.
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  10:15 WIB
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan.  - Klikdokter/Shuttlecock
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. - Klikdokter/Shuttlecock

Bisnis.com, JAKARTA - Mengetahui faktor risiko diabetes sangat penting untuk mencegah efek dan kerusakan yang lebih parah pada tubuh.

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi ketika tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar. Jenis diabetes memiliki berbagai faktor risiko dan efek pada gula darah yang berbeda.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, satidaknya ada satu dari empat orang tidak menyadari bahwa dirinya menderita diabetes. Hal itu terjadi karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada tahap awalnya.

Berikut faktor risiko yang terjadi pada diabetes tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestanional yang dirangkum bisnis.com:

Faktor Risiko Diabetes Tipe 1

1. Riwayat keluarga
Orang tua yang memiliki riwayat diabetes tipe 1 meningkatkan risiko sesesorang akan menderita penyakit dengan tipe yang sama. Apabila kedua orang tua Anda memiliki penyakit diabetes tipe 1, maka risiko Anda menderita lebih tinggi.

2. Usia
Seseorang yang menderita diabetes tipe satu kerap berkembang pada orang dewasa muda dan anak-anak. Hal ini merupakan kondisi kronis namun paling umum terjadi di masa kanak-kanak yakni berusia kurang dari 14 tahun. Kendati demikian, diabetes tipe 1 dapat terjadi pada semua usia namun akan berkembang dikemudian hari.

Faktor lainnya, para peneliti masih menyelidiki faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 1.


Faktor Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan bentuk diabetes yang paling umum ditemukan pada penyakit diabetes. Tubuh masih membuat beberapa insulin namun tidak menggunakan hormon secara efektif sebagaimana mestinya.

1. Insulin dan Gula Darah
Insulin umumnya memungkinkan sel akan menyerap glukosa. Namun, sel menjadi kurang sensitif terhadap insulin mengakibatkan meninggalkan lebih banyak gula dalam darah. Seseorang memiliki gula darah tinggi besar kemungkinan sedang menderita diabetes tipe  Peningkatan gula darah dapat menyebabkan kerusakan oada tubuh. Penderita diabetes tipe 2 dapat mengembalikan kondisi dengan memilih gaya hidup sehat.

2. Riwayat Keluarga
Keluarga memiliki riwayat penyakit yang sama, berusia di atas 45 tahun, memiliki riwayat diabetes gestasional, dan depresi menjadi faktor yang dapat meningkat risiko seseorang menderita penyakit diabetes lebih tinggi.


Faktor Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan jenis diabetes yang diderita saat seseorang mengalami kehamilan. Kebanyakan wanita sebelumnya tidak memiliki riwayat diabetes sebelumnya. Diabetes tipe ini akan pulih setelah kelahiran bayi.

Kendati demikian, seorang wanita akan menderita diabetes gestasional pada kehamilan berikutnya dan risiko menderita diabetes tipe 2 meningkat tujuh kali lipat. Faktor risiko diabetes gestasional hampir sama dengan penderita penyakit diabetes lainnya.

Langkah-Langkah Pencegahan Diabetes
- Makan dalam porsi yang cukup cenderung sedikit
- Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit selama lima hari dalam seminggu
- Mengonsumsi makanan yang akan akan kandungan nabati, sayuran, dan produk rendah gula dan garam
- Menghindari mengonsumsi minuman bersoda, alkohol, camilan manis, makanan cepat saji, dan gorengan
- Pemeriksaan rutin juga penting dilakukan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top