Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D/Istimewa
Health

Awas! Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Kanker, Depresi, hingga Obesitas

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 15 Juni 2021 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D acap kali dikaitkan untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Namun, para peneliti menemukan bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis, misalnya kanker, diabetes, gangguan autoimun, bahkan obesitas atau penambahan berat badan.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan yang baik karena memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D. Padahal, manusia bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Studi menemukan kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi orang dewasa, bayi, anak-anak, dan remaja. Selain sinar matahari, Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari susu atau makanan yang secara alami mengandung vitamin ini, seperti salmon dan telur.

Perlu diingat, kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko penyakit kanker, depresi, hingga obesitas seperti dilansir dari situs reumatologi.or.id:

1. Kanker
Penelitian awal menunjukkan vitamin D dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar. Namun, manfaat vitamin D terhadap kanker payudara, prostat, atau kanker lainnya masih belum jelas. Manfaat yang lebih baik berasal dari konsumsi tinggi Vitamin D dan Omega-3 Trial (VITAL).

Sementara itu, para ahli merekomendasikan aktivitas fisik secara teratur, berat badan ideal, diet tinggi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk membantu mencegah kanker.

2. Depresi
Penelitian telah menghubungkan rendahnya tingkat vitamin D pada penderita depresi baik pria dan wanita tua. Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa kekurangan vitamin D menyebabkan kelenjar paratiroid memproduksi lebih banyak hormon. Rendahnya tingkat vitamin D dan tingginya hormon paratiroid telah dikaitkan dengan tingkat keparahan depresi.

3. Obesitas
Setelah memasuki menopause, kebanyakan wanita mengalami kenaikan berat badan sampai mereka mencapai usia 60-an. Ada bukti bahwa mengkonsumsi vitamin D dan suplemen kalsium dapat memperlambat penambahan berat badan itu.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang tidak mendapatkan cukup kedua nutrisi di awal memiliki risiko 11% lebih besar untuk kenaikan berat badan tetapi berat badan dapat dipertahankan atau bahkan menurun sebagai hasil dari mengkonsumsi suplemen tersebut.

4. Tulang
Vitamin D memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium. Tanpa itu, tulang Anda bisa menjadi rapuh dan lemah. Pada orang dewasa, terlalu sedikit vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh atau osteoporosis. Pada anak-anak, kekurangan vitamin D menyebabkan banyak kasus rakhitis, penyakit tulang dan masalah kesehatan masyarakat yang utama lainnya. Susu yang diperkaya dengan vitamin D dapat menghilangkan gangguan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro