Kanker payudara. /hindustantimes.com
Health

Tanda-Tanda Kanker yang Biasanya Diabaikan Perempuan

Sartika Nuralifah
Jumat, 9 Juli 2021 - 10:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker, adalah penyakit mematikan yang kadangkala tidak disadari gejalanya.

Bagi perempuan, sebenarnya tanda-tanda kanker seringkali muncul tapi kerap diabaikan.

Akibatnya, kondisi kanker sudah dalam stadium akhir yang sulit diobati ketika mereka akhirnya berobat ke dokter.

Taylor Graber, MD, ahli anestesi di University of California-San Diego mengatakan ada beberapa tanda-tanda kanker yang biasanya diabaikan oleh para wanita seperti berikut ini dilansir dari Eat This Not That :

1. Pendarahan yang Tidak Biasa

Pendarahan vagina atau dubur terkadang diabaikan oleh wanita, ini menandakan proses yang mengkhawatirkan seperti kanker rahim atau usus besar. Tanda-tanda ini seringkali menakutkan dan wanita mungkin tidak mau mengakui bahwa mereka memerlukan tes lebih lanjut." Kata Soma Mandal, MD, spesialis kesehatan wanita di Summit Medical Group di Berkeley Heights, New Jersey.

2. Kelelahan

"Jika Anda merasa kelelahan bisa saja itu menjadi tanda kanker," kata Dr. Jill Stocker, DO, seorang dokter di West Hollywood, California. Anda mungkin merasa kehilangan motivasi dan hanya tidur siang beberapa kali sehari. Jadwalkan pemeriksaan medis rutin dengan dokter Anda, dan pastikan Anda memiliki tes skrining sesuai dengan pedoman medis saat ini, termasuk pap smear, mammogram, kolonoskopi, dan tes kepadatan tulang.

3. Perut kembung

Kembung, nyeri atau tekanan dari tulang kemaluan ke bawah tulang rusuk yang berlangsung lebih dari dua minggu adalah tanda-tanda peringatan kanker ovarium kata Shieva Ghofrany, MD, seorang OB-GYN di Stamford, Connecticut.

4. Kenaikan Berat Badan Tak Terduga

Penambahan berat badan yang tidak disengaja dan perubahan kebiasaan buang air besar Anda bisa menjadi tanda-tanda halus dari kanker ovarium," kata Kameelah Phillips, MD, seorang OB-GYN di New York City.

Tanda-tanda kanker ovarium bisa sangat samar. Wanita dapat mengabaikan perubahan kebiasaan buang air besar dan penambahan berat badan dengan sangat mudah dan menghubungkannya dengan menopause, penuaan atau diet.

5. Penurunan Berat Badan Tak Terduga

Dalam menurunkan berat badan, gejala ini dapat dilihat sebagai berkah daripada tanda peringatan potensial, tapi ini bisa menjadi masalah, terutama jika disertai dengan hilangnya nafsu makan atau perubahan kebiasaan buang air besar.

Sejumlah kanker dapat muncul dengan cara ini, termasuk kanker kerongkongan, hati, usus besar dan pankreas, serta leukemia atau limfoma." kata Peterson Pierre, MD, seorang dokter kulit di Thousand Oaks, California.

6. Perubahan Kulit

Setiap perubahan pada tahi lalat atau bitnik, serta munculnya tahi lalat baru, bisa menjadi tanda kanker kulit. "Melakukan pemeriksaan mandiri secara teratur dan melaporkan perubahan ke dokter kulit bersertifikat dapat mengarah pada deteksi dini dan menyelamatkan hidup Anda," kata Pierre.

6. Perubahan Kulit di Area yang Sulit Dilihat

"Berapa banyak wanita dan pria yang melakukan pemeriksaan kulit di punggung, atas kepala, atau di belakang telinga atau kaki mereka?" kata Alain Michon, MD, direktur medis di Ottawa Skin Clinic di Ontario, Kanada. "Area-area tersebut sering terlewatkan dan juga berisiko terkena kanker kulit. Garis-garis gelap vertikal pada kuku, juga merupakan tanda lain yang sering terlewatkan. Ini bisa menjadi tanda melanoma subungual.

7. Jerawat yang Meradang

Kanker kulit di kepala dan leher terkadang terlihat seperti noda atau jerawat," kata Jeffrey Fromowitz, MD, dokter kulit di Boca Raton, Florida. "Selalu awasi pertumbuhan baru, jika ada sesuatu yang baru atau berubah dan bertahan lebih dari dua minggu, hubungi dokter kulit Anda dan periksakan." Jelas Fromowitz.”

8. Suara Serak

"Suara serak, juga dikenal sebagai disfonia, bisa menjadi tanda kanker pita suara, seringkali disfonia dikaitkan dengan laringitis atau penggunaan suara, tetapi itu bisa menjadi tanda pertama kanker " kata Inna Husain, MD, kepala bagian laringologi di Rush University Medical Center.

"The American Academy of Otolaryngology Head and Neck Surgery merekomendasikan agar pita suara dievaluasi dengan laringoskopi setelah empat minggu suara serak terus-menerus, jika ada sesuatu yang baru atau berubah dan bertahan lebih dari dua minggu, hubungi dokter kulit Anda dan periksakan." kata Husain.

8. Bercak Putih atau Merah Di Mulut

Bercak putih atau merah yang tidak kunjung hilang mungkin di lidah, langit-langit mulut, gusi, pipi bagian dalam atau bibir, bisa jadi adalah tanda kanker mulut, jika berlanjut selama lebih dari tiga minggu, pastikan untuk menemui dokter gigi atau dokter Anda.” kata Sharona Dayan, MD, ahli periodonsia bersertifikat dewan dan pemilik Perawatan Periodontonal Aurora di Beverly Hills, California.

"Untuk mengetahui kanker mulut lebih awal, pastikan untuk mengunjungi dokter gigi Anda dua kali setahun dan tanyakan apakah pemeriksaan kanker rutin merupakan bagian dari kunjungan pembersihan," kata Dayan.

9. Haid Tidak Teratur

Ketidakteraturan menstruasi dapat menjadi tanda kanker,, termasuk periode teratur yang berubah dari bercak atau bahkan aliran teratur beberapa hari di antara periode, hanya memiliki bercak untuk suatu periode, mengalami menstruasi yang terlalu banyak, melalui produk yang lebih feminin dari biasanya, berdarah setelah berhubungan seks, atau mengalami periode atau bercak bertahun-tahun setelah berhenti menstruasi. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, jadwalkan kunjungan ke penyedia layanan kesehatan Anda.

10. Nyeri Panggul Kronis

"Jika wanita mengalami kembung berulang atau nyeri panggul yang tidak normal seperti merasa kenyang terlalu cepat atau kesulitan buang air kecil, mereka harus memeriksakannya, karena setiap gejala baru yang terjadi secara sering atau berulang perlu dievaluasi." kata Sharyn Lewin, MD, ahli onkologi ginekologi dan pendiri The Lewin Fund to Fight Women's Cancer.

11. Kehilangan Selera Makan

"Hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba bisa menjadi tanda kanker, yang paling penting adalah mengetahui tubuh Anda. Apa pun yang tampak berbeda harus diperiksa.” kata Lewin.

12. Kelebihan Berat Badan

"Studi menunjukkan bahwa 13 jenis kanker yang berbeda berhubungan dengan kelebihan berat badan, menurut CDC, hampir 40 persen dari semua kanker yang didiagnosis di AS terkait dengan obesitas sebagai penyebabnya." kata Lewin. "Semua data menunjukkan pentingnya pola makan nabati, termasuk sayuran berdaun hijau, sebagian kecil biji-bijian dan daging tanpa lemak, hindari makanan olahan dan lemak jenuh, serta gula jahat."tambahnya.

13. Sakit Kepala yang Baru Dirasakan

"Banyak dari kita mengalami sakit kepala, terkadang setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Bagi kebanyakan orang, sakit kepala ini memiliki pola yang sama. Namun, jika Anda memiliki sakit kepala baru yang belum pernah Anda alami sebelumnya, bahkan jika itu sakit kepala ringan, itu layak untuk dievaluasi." kata Graber. Tumor otak dapat membuat peningkatan tekanan di otak atau mengganggu penyerapan dan distribusi cairan serebrospinal, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

14. Mual dan Muntah

"Paling sering, mual tidak terlalu mengkhawatirkan, sekunder akibat gastroenteritis virus atau penyakit sementara lainnya. Namun, terkadang mual dan muntah yang terus-menerus bisa disebabkan oleh pertumbuhan massa otak yang lambat, dan itu akan berguna untuk diperiksa oleh dokter." kata Graber.

15. Keringat Malam

"Sering kali wanita mengaitkan ini dengan gejala tipe menopause atau perimenopause, tetapi keringat yang terjadi terutama pada malam hari dapat dikaitkan dengan keganasan yang berbeda, seperti limfoma," kata Shikha Jain, MD, FACP, asisten profesor kedokteran di Rush University Cancer Center.

16. Sesak napas

"Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita," kata Dr. Nikki Stamp, FRACS, seorang ahli bedah kardiotoraks di Perth, Australia. "Perempuan lebih cenderung bukan perokok daripada laki-laki, artinya baik perempuan maupun penyedia layanan kesehatan mungkin tidak memikirkan kanker paru-paru pada awalnya. Subtipe kanker paru-paru yang paling umum pada wanita disebut adenokarsinoma, yang cenderung memiliki gejala seperti sesak napas, penurunan berat badan, nyeri dada atau kelelahan." Tambahnya.

17. Pendarahan Setelah Berhubungan Seks

"Kadang-kadang pendarahan setelah berhubungan intim bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius," kata Phillips. Bisa jadi itu gejala kanker serviks."Jika pendarahan setelah hubungan seksual adalah masalah yang terus-menerus, itu harus dievaluasi. Memeriksa untuk memastikan Anda memiliki pap smear yang baru dan normal, tidak ada infeksi, dan anatomi normal adalah penting." kata Phillips.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro