Dokter asal University of Maryland Amerika Serikat, Faheem Younus - Istimewa
Health

Sambiloto, Kelapa, Vit C Cegah Covid-19? Ini Penjelasan Dokter Faheem Younus

Rika Anggraeni
Jumat, 9 Juli 2021 - 15:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beredar kabar sambiloto, buah kelapa, hingga vitamin C bisa menyembuhkan dan mencegah dari infeksi Covid-19. Benarkah demikian?

Pakar Kesehatan asal Amerika Serikat Faheem Younus merespon kabar tersebut melalui akun Twitter resmi miliknya @faheemyounus, Jumat (9/7/2021). Dokter Faheem acap kali menulis tweet dalam bahasa Indonesia seiring melonjaknya kasus positif Covid-19 harian di RI.

Dokter Faheem menyebut penggunaan sambiloto ataupun buah kelapa merupakan mitos yang beredar tentang pencegahan Covid-19. Selain dua hal tersebut, ada pula mitos lain pencegahan Covid-19 seperti penggunaan echinacea, vitamin C, hingga air hangat.

"Mitos: Menggunakan Sambiloto, Echinacea, Kelapa, Vitamin C, Air hangat akan mencegah atau menyembuhkan COVID. Fakta: Zat-zat ini tidak terbukti mencegah atau menyembuhkan covid-19," ujar dokter Faheem Younus seperti dikutip, Jumat (9/8/2021).

Pakar penyakit menular dari University of Maryland Upper Chesapeake Health (UCH) ini tidak henti-hentinya mengedukasi masyarakat, khususnya warganet asal Indonesia, mengenai hal yang berhubungan dengan pandemi Covid-19.

“Tetap berpegang pada sains dan jangan tertipu oleh penyembuhan ajaib,” cuitnya.

Selain itu, dia menuturkan minuman yang mengandung vitamin C memang bagus dikonsumsi. Namun, produk tersebut tidak bisa mencegah Anda dari penularan Covid-19.

"Ini mungkin bagus. Tetapi jika tujuan Anda adalah pencegahan COVID, maka kenakan masker, hindari keramaian di dalam ruangan, dan dapatkan vaksinasi. Jangan tergoda dengan jalan pintas," ucap dokter Faheem Younus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro