Wanita hamil. /Morula IVF Indonesia
Health

5 Tips Mudah Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Ni Luh Anggela
Jumat, 9 Juli 2021 - 17:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengalami penambahan berat badan  saat hamil adalah hal yang normal. Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, hal paling penting yang perlu Anda ingat adalah untuk menurunkan berat badan membutuhkan waktu dan proses, tidak akan terjadi dalam semalam.
 
Kebanyakan wanita kehilangan hingga setengah dari berat bayi mereka setelah sekitar 6 minggu. Oleh karena itu, rekomendasi umumnya adalah untuk tidak menetapkan kerangka waktu tertentu untuk kembali ke sosok Anda sebelumnya. Sebagai gantinya, disarankan untuk secara bertahap memasukkan kebiasaan sehat yang memungkinkan Anda mendapatkan kembali berat badan yang sehat tanpa stres atau diet berbahaya.
 
Meskipun setiap wanita bisa menurunkan 5 hingga 10 kg pada tahap ini, ada cara pasti untuk menurunkannya kembali. Melansir Daily Amazing Things, Jumat (9/7/2021), berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.
 
1. Menyusui

Sekutu terbaik untuk menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan adalah menyusui. Tindakan ini bermanfaat bagi kesehatan bayi Anda, serta berat badan, kondisi fisik dan mental Anda. Kebiasaan sehat adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan. Namun, Anda harus menyadari bahwa proses ini dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain dan terkadang memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.
 
2. Minum Banyak Air

Wanita menyusui harus minum 8 sampai 10 gelas air sehari. Kebiasaan sehat ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan produksi ASI. Cobalah untuk mengkonsumsinya sepanjang hari dan hindari minuman manis.
 
3. Latihan Ringan

Latihan fisik adalah salah satu sekutu terbaik Anda untuk menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan. Namun, setelah melahirkan, Anda tidak bisa langsung melakukan aktivitas fisik yang berdampak tinggi. Jadi, untuk mulai memasukkannya ke dalam rutinitas Anda, olahraga harus lembut dan moderat. Latihan yang bisa Anda lakukan seperti berjalan bersama bayi, peregangan anggota badan, melakukan yoga atau pilates untuk ibu baru (hanya dengan rekomendasi medis serta latihan penguatan panggul (sekitar 4 hingga 6 bulan kemudian).
 
4. Makan Sarapan yang Sehat

Makan sarapan yang lengkap dan sehat adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan. Makanan ini memberi tubuh energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari. Oleh karena itu, tidak sah menggantinya dengan kopi sederhana dengan cookies atau produk olahan. Sebaliknya, itu harus mengandung keseimbangan yang memadai dari sumber protein, lemak sehat, dan karbohidrat.
 
5. Mengadopsi Diet Seimbang

Selama masa menyusui, tubuh Anda membutuhkan asupan kalori dan hidrasi yang lebih tinggi. Ini juga memiliki kebutuhan nutrisi khusus. Oleh karena itu, meskipun mungkin terdengar sedikit tergoda untuk mengikuti diet untuk hasil yang cepat, yang terbaik adalah memilih diet seimbang. Model diet ini menyarankan makan dengan baik sebagai gaya hidup dan bukan sebagai sesuatu selama beberapa hari. Oleh karena itu, memungkinkan makan "sedikit dari segalanya" tanpa membatasi kelompok nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro