Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. /Klikdokter-Shuttlecock
Health

6 Hal yang Harus Dilakukan Pasien Diabetes Selama Pandemi Covid-19

Anissa Putri
Senin, 12 Juli 2021 - 17:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki penyakit diabetes tidak secara langsung membuat seseorang rentan terhadap Covid-19. Namun, orang yang mengidap komorbid diabetes tentu saja membuat seseorang lebih rentan untuk mengalami komplikasi serius setelah terinfeksi.

Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat data gelombang pertama dan kedua Covid-19 dimana banyak orang yang dirawat di rumah sakit atau mengalami gejala serius memiliki kadar gula darah tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien diabetes pada saat pandemi Covid-19 untuk menjaga diri tetap sehat dan aman.

Berikut 6 hal yang bisa dilakukan oleh para pengidap diabetes selama masa pandemi Covid-19 seperti dilansir dari Times of India:

1. Konsumsi Makanan Sehat
Gula dan permen bukan satu-satunya hal yang harus dihindari oleh pasien diabetes. Beberapa makanan lain dapat meningkatkan kadar gula darah yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Sayuran bertepung, tepung olahan, dan lemak trans adalah beberapa di antara contoh makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Mengkonsumsi sayuran hijau, biji-bijian, buah jeruk dan kacang-kacangan harus menjadi bagian dari makanan sehari-hari mereka. Diet kaya nutrisi juga meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh Anda.

2. Aktif dan Berolahraga
Faktor risiko utama dalam kasus diabetes adalah kadar gula darah yang tidak terkontrol. Untuk mengembalikan kadar gula, sangat penting untuk tetap aktif dan berolahraga setiap hari.

Anda dapat berjalan, berlari, atau mengangkat beban, semuanya merupakan pilihan latihan yang efektif. Olahraga ringan selama 30-45 menit setiap hari secara konsisten dan melakukan latihan tersebut dengan benar sudah cukup untuk menjaga kesehatan.

3. Tetap Terhidrasi
Orang dengan diabetes berisiko tinggi mengalami dehidrasi, karena kadar glukosa darah yang tinggi mengurangi kemungkinan hidrasi dalam tubuh. Orang yang menderita semua jenis diabetes berada pada risiko dehidrasi dan harus menjaga tingkat asupan air mereka. Ingatlah untuk minum banyak cairan sepanjang hari.

Seorang pasien diabetes dapat minum air, air kelapa atau jus segar. Namun, jangan meminum jus kemasan karena hal tersebut bukanlah pilihan yang ideal.

4. Kelola Tingkat Stres
Tingkat stres Anda juga memainkan peran penting dalam mengelola kadar gula darah Anda. Stres melepaskan hormon yang disebut kortisol yang secara langsung mempengaruhi kadar glukosa dalam tubuh. Itu membuat sulit bagi tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi, akibatnya, gula mulai menumpuk di aliran darah.

Hal ini juga mengintensifkan gejala diabetes seperti sakit kepala, nyeri otot, kelelahan dan lain-lain. Mengurangi tingkat stres akan membantu Anda mengelola diabetes dan juga akan meningkatkan kekebalan Anda.

5. Konsumsi Obat-Obatan
Minum semua obat yang diresepkan oleh dokter dengan tepat waktu. Jika Anda menderita pilek dan flu, minum semua obat Anda untuk mengontrol kadar gula darah Anda tepat waktu.

Jika Anda merasakan gejala apa pun dari virus corona, kunjungi atau hubungi dokter. Karena beberapa obat dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, mengintensifkan gejala dan menyebabkan komplikasi.

6. Terapkan Protokol Kesehatan
Selain mengikuti semua norma dasar untuk tetap sehat dan bugar, ikuti semua protokol kesehatan yang ada untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan, seperti memakai masker, menjaga jarak sosial saat keluar rumah, rajin cuci tangan, dan tetap di rumah jika sedang sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro