Nyeri punggung/boldsky.com
Health

7 Rasa Sakit Paling Umum pada Tubuh Anda dan Cara Mencegahnya

Ni Luh Anggela
Rabu, 21 Juli 2021 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa selalu ada bagian tubuh Anda yang sakit? Mulai dari rasa kaku dan nyeri di pagi hari, punggung bawah yang tiba-tiba saja terasa kencang setelah duduk berjam-jam lamanya, atau kram otot yang membuat Anda terbangun di tengah malam.
 
Mungkin Anda menganggap rasa sakit itu wajar dan sesuatu yang harus Anda jalani tetapi itu belum tentu demikian.
 
Melansir Women’s Health, berikut beberapa rasa sakit yang paling umum terjadi dan bagaimana cara menghindarinya.
 
1. Kaku di pagi hari

Menghabiskan tujuh jam lebih berbaring dapat membuat Anda merasa kurang lentur.

"Setiap kali Anda berada dalam satu posisi untuk sementara waktu, tubuh Anda bisa menjadi kaku," kata Rahul Shah, MD, ahli bedah tulang belakang dan leher ortopedi bersertifikat. Itu sebabnya dia merekomendasikan untuk bangun perlahan saat Anda bangun dari tempat tidur (seperti  berguling perlahan ke tepi tempat tidur) dan tambahkan peregangan seluruh tubuh ke rutinitas pagi Anda. Dan jika Anda tidur miring, selipkan bantal ekstra di antara lutut saat Anda tidur. Ini dapat mencegah otot-otot yang terlalu banyak di pinggul Anda.
 
2.  Nyeri pasca olahraga

Olahraga yang terlalu keras dapat menyebabkan beban rasa sakit pada hari berikutnya. Ini disebut nyeri otot onset tertunda (DOMS), dan diyakini disebabkan oleh kerusakan otot dan jaringan ikat serta peradangan. Meskipun tidak ada cara tunggal untuk membantu otot Anda merasa lebih baik, mengonsumsi antiinflamasi seperti ibuprofen dapat membantu Anda meredakannya. Sebagai alternatif, cobalah mengobati rasa sakit pada sumber ketidaknyamanan menggunakan losion pereda nyeri yang mengandung trolamine salisilat. Penelitian menunjukkan krim yang mengandung trolamin salisilat dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga berat.
 
3. Tech neck

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk melihat ke bawah dalam sehari? Kemungkinannya adalah, karena Anda selalu berada di dekat laptop atau ponsel, itu tentu memakan banyak waktu. Dan itu membuat otot leher bekerja lembur.
 
“Anda memiliki lebih dari 300 otot di leher yang dirancang untuk menahan kepala di atas tubuh Anda,” kata Dr. Shah. “Ketika Anda melihat ke bawah dan menjulur ke depan, Anda memiliki ketidakcocokan dalam keseimbangan itu, dan itu dapat menyebabkan rasa sakit (yang oleh banyak orang disebut sebagai tech neck).”

Cobalah untuk meminimalkan sudut dengan meletakkan laptop Anda di atas tumpukan buku atau dudukan laptop sehingga sejajar dengan mata. Jika Anda mulai merasakan sakit di bagian belakang leher, berjalanlah selama 15 menit. Dr Shah mengatakan peningkatan aliran darah dapat membantu otot leher Anda merasa lebih baik.

4. Tangan dan jari berdenyut

Menghabiskan sepanjang hari mengetik di keyboard dan ponsel dapat membuat tangan dan jari Anda tegang.

"Gerakan berulang, terutama ketika persendian Anda diposisikan dalam posisi untuk jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan rasa sakit, nyeri, dan mati rasa atau kesemutan," kata Gary Johnson, manajer layanan terapi tangan untuk Athletico Physical Therapy. Beristirahat secara teratur untuk menggerakkan tangan Anda dapat membantu (cukup membuka dan menutup kepalan tangan Anda beberapa kali dan merentangkan jari Anda lebar-lebar akan membantu).
 
5. Sakit punggung bagian bawah

Duduk sepanjang hari adalah sesuatu yang harus dilakukan banyak orang, tetapi itu tidak membuatnya lebih baik di punggung bawah Anda.

“Bagian terendah dari tulang belakang Anda menangani beban terbesar, dan itulah area yang paling lelah ketika Anda duduk untuk waktu yang lama,” kata Dr. Shah. Dia merekomendasikan untuk bangun dan bergerak setiap 30 hingga 40 menit sehingga Anda tidak menekan area yang sama terlalu lama, melakukan peregangan yang menargetkan area tersebut ketika Anda merasa sangat tegang, dan menambahkan penyangga pinggang ke kursi Anda. "Ini sesuai dengan punggung Anda dan dapat menghilangkan tekanan," katanya.
 
6. Sakit kepala di malam hari

Di penghujung hari yang panjang, Anda mungkin hanya ingin bersantai dengan acara terbaru Anda, tidak berurusan dengan sakit kepala yang berdenyut. Jika yang terakhir terjadi, Anda mungkin mengalami sakit kepala, yang dapat dipicu oleh stres dan kecemasan. Ketika sakit kepala Anda berikutnya terjadi, pergilah ke bak mandi Anda dan mandi dengan garam Epsom. Tidak hanya aroma yang menenangkan memberikan relaksasi seluruh tubuh, tetapi mandi garam Epsom juga diresapi dengan magnesium, mineral yang telah terbukti meredakan sakit kepala bagi banyak orang.
 
7. Kram otot

Meskipun kram otot mungkin tidak berbahaya, ini dapat membangunkan Anda di tengah malam. Dehidrasi adalah salah satu alasan terjadinya kram otot, terutama jika Anda berolahraga dan tidak minum cukup cairan. Tetapi Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum menenggak air putih setelah sesi berkeringat itu. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan elektrolit dapat menyebabkan kram, dan air dapat memperburuk keseimbangan elektrolit Anda jika Anda mengalami dehidrasi akibat olahraga. Alih-alih air, ambil minuman olahraga yang mengandung natrium dan kalium serta beberapa gula untuk membantu menyerap elektrolit dan cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro