Pepian, salah satu makanan khas Guatemala
Kuliner

10 Makanan Khas Guatemala, Kampung Halaman Pebulutangkis Kevin Cordon

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 3 Agustus 2021 - 11:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Nama Guatemala tiba-tiba saja menjadi trending topik setelah pebutangkis asal negara tersebut Kevin Cordon telah mengukir sejarah bagi Guatemala di Olimpiade Tokyo 2020.

Cordon yang berusia 34 tahun itu mampu melaju hingga semifinal. Dia mencetak sejarah sebagai pebulu tangkis Guatemala pertama yang berhasil menembus semifinal Olimpiade.

Guatemala memang negara yang jarang diperhitungkan dalam arena olahraga termasuk bulutangkis ini.

Negara di Amerika Tengah itu, lebih dikenal sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia.

Lantas, wisata dan makanan khas apa yang bisa ditawarkan negara tersebut?

Ketika ingin berwisata ke suatu daerah, Anda juga perlu untuk mencoba makanan khas di tempat tersebut.

Selain dengan mempelajari budaya dari lokasi-lokasi bersejarah di tempat tersebut, Anda juga perlu untuk mencoba makanan khas ala Guatemala, karena makanan adalah bagian penting dari budaya. Anda akan merasakan makanan yang berbeda, bahkan rasa yang mungkin Anda belum pernah coba sebelumnya.

Guatemala cukup banyak pengaruh di dalam kuliner, yakni dari keturunan Maya, Meksiko, Spanyol dan Karibia. Berikut makanan yang wajib Anda coba jika ingin berwisata ke Guatemala, yang dilansir dari inlexca.

1. Pepian

Pepian adalah makanan dengan rebusan ayam tradisional yang berasal dari wilayah tengah Guatemala, dan disajikan dengan sayuran dan nasi. Semur ini berwarna merah kecoklatan yang terbuat dari berbagai jenis cabai, rempah-rempah dengan potongan ayam, dan kentang panggang. Makanan ini juga selalu disajikan dengan tortilla tepung jagung tradisional.

2. Rellenitos

Rellenitos adalah bola puding pisang goreng yang diisi dengan kacang hitam, coklat dan kayu manis. Makanan ini dapat disajikan sebagai penutup dan makanan yang sempurna saat berpergian.

3. Tostadas

Tostadas adalah tortilla goreng yang sering diberikan topping guacamole, salsa atau pasta kacang hitam, yang kemudian ditaburi daun ketumbar, keju, dan bawang bombay. Makanan ini sederhana namun nikmat!

4. Arroz en leche

Arroz en leche adalah minuman lezat yang menyerupai rasa puding nasi yang dihiasi dengan kayu manis.

5. Enchilada

Makanan ini adalah tostada pada steroid yang tentunya berbeda dengan Enchilada Meksiko. Makanan ini berisi dengan irisan telur rebus, selada, bawang, keju, banyak sayuran. Makanan ini dapat menjadi sebuah camilan, atau sebagai pelengkap makanan.

6. Champurradas

Champurradas adalah kue besar dengan jenis rasa biscotti. Makanan ini seringkali ditawari jika Anda meminum kopi di Guatemala dan Anda perlu mencobanya!

7. Gallo en Chicha

Makanan ini adalah ayam yang disiapkan dalam rebusan asam manis yang melembutkan daging hingga sempurna.

8. Tapado

Tapado adalah makanan khas Karibia, yakni makanan rebusan yang gurih, yang mencampur santan dan minyak kelapa dengan kepiting, pisang raja, nasi, ikan, udang, dan terkadang gurita.

9. Chuchitos

Merupakan makanan jalanan Guatemala, yakni adonan jagung yang dibulatkan menjadi bola yang diisi dengan saus tomat dan ayam, dan direbus hingga sempurna. Chuchito dibungkus dengan daun kaldu jagung.

10. Tamal

Mirip dengan Chuchitos, yakni adonan jagung kental dengan berbagai jenis daging dan saus tomat. Yang membedakan Tamal dengan Chuchitos adalah bungkusnya yang menggunakan daun pisang raja yang memberikan rasa dan tekstur yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro