Kesehatan jantung akan sangat bergantung pada pola tidur/Boldsky
Health

Waspada, Kerja Shift Malam Bisa Picu Gangguan Irama Jantung

Rika Anggraeni
Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa pekerjaan dituntut untuk melakukan sistem shift. Akan tetapi, jadwal kerja shift juga sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Pekerja dengan sistem shift dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, insomnia, jantung, obesitas, depresi, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular hingga kanker.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam European Heart Journal juga menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja shift malam memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan gangguan irama jantung atau disebut sebagai fibrilasi atrium.

Dalam studi tersebut, wanita lebih rentan alami fibrilasi atrium atau gangguan irama jantung dibandingkan pria saat bekerja shift malam. Selain itu, orang yang tidak berolahraga secara teratur juga dapat mengalami penyakit ini.

Bukan hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa semakin lama dan semakin sering orang bekerja shift malam selama hidup mereka, semakin besar risiko fibrilasi atrium. Meski demikian, kerja shift malam tidak terkait dengan stroke atau gagal jantung.

Melansir dari The Health Site, Rabu (18/8/2021), peneliti menemukan beberapa hal terkait dengan sistem shift malam, antara lain:

- Orang yang saat ini bekerja shift malam secara biasa atau permanen memiliki 12 persen peningkatan risiko gangguan irama jantung dibandingkan dengan mereka yang hanya bekerja di siang hari.

- Bagi mereka yang memiliki durasi shift malam seumur hidup, risiko gangguan irama jantung meningkat menjadi 18 persen setelah sepuluh tahun atau lebih.

- Orang yang bekerja rata-rata 3 sampai 8 shift malam dalam sebulan selama 10 tahun atau lebih memiliki 22 persen peningkatan risiko gangguan irama jantung dibandingkan dengan pekerja siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro