Gejala jantung pada perempuan/ilustrasi
Health

Waspada, Kerja Shift Malam Bisa Picu Gangguan Irama Jantung

Rika Anggraeni
Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:10
Bagikan

Ini Cara Mengurangi Efek Shift Malam Bagi Jantung

Para peneliti menyarankan bahwa mengurangi frekuensi dan durasi kerja shift malam dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berikut ini adalah cara untuk mengurangi efek kerja shift:

  1. Pilih jam kerja siang hari standar.

Tetapi jika Anda tidak memiliki pilihan, Anda bisa mengatur pola gaya hidup yang lebih sehat, seperti diet, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Cara ini dapat membantu mengurangi risiko kesehatan dari kerja shift.

  1. Konsumsi the ghee

Tubuh menjadi kering ketika bekerja sampai larut. Pakar Ayurveda menyarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh ghee sebelum pergi bekerja di malam hari untuk menyeimbangkan kekeringan dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan bekerja sampai larut malam dapat mengakibatkan Shift Work Sleep Disorder (SWSD) yang ditandai dengan iritasi, mudah marah, rambut rontok, kurang konsentrasi, pola tidur terganggu, pusing dan sakit kepala.

Untuk mengatasi efek rontok, cobalah oleskan dan pijat minyak rambut secara teratur ke kulit kepala dan panjang rambut Anda.

  1. Terapi uap dan pijat

Anda bisa melakukan terapi uap atau pijat tubuh seminggu sekali. Cara ini dapat membantu meredakan nyeri tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda juga bisa melakukan meditasi dan yoga untuk mendapatkan konsentrasi yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro