Ilustrasi Obat COvid-19./Antara
Health

Epidemiolog: Obat Covid-19 Kemungkinan Bisa Ditemukan 1 Tahun Lagi

Rahmad Fauzan
Kamis, 26 Agustus 2021 - 21:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) Tri Yunis Miko mengatakan obat Covid-19 sudah mungkin tersedia dalam waktu 1 tahun ke depan.

Dia mengatakan saat ini sedang dilakukan penelitian oleh berbagai lembaga studi terkait dengan obat Covid-19. Terkait dengan hal tersebut, sambungnya, pabrik-pabrik obat sedang berburu peneliti dalam pengembangan obat Covid-19.

"Studi sedang dilakukan untuk menemukan obat Covid-19. Menurut saya, satu tahun ke depan akan ada obat pilihan untuk untuk mengobati Covid-19. Pabrik obat sedang berburu peneliti," ujar Tri kepada Bisnis, Kamis (26/8/2021).

Namun demikian, kata Tri, studi baru dilakukan terhadap pasien dengan gejala ringan.

Sebagaimana diketahui, dunia sedang bersiap untuk menghadapi kenyataan bahwa pandemi Covid-19 akan menjadi endemi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (25/8/2021) dalam rapat dengar pendapat (RDP) di DPR RI mengatakan Covid-19 akan menjadi endemi seperti virus polio dan cacar yang tidak mungkin bisa dihapuskan.

Dengan kata lain, dunia harus hidup berdampingan dengan Covid-19 untuk waktu yang cukup lama. Untuk itu, kata Budi, perkembangan dari theurapetic side dengan hadirnya obat-obatan akan mengurangi risiko kematian Covid-19 bisa dikurangi.

Tentunya, kata Budi, kehadiran obat Covid-19 harus dikombinasinasikan dengan protokol kesehatan yang baik, vaksinasi, dan kebiasaan hidup yang sehat. Dengan demikian, fatality rate ataupun tingkat kematian virus Covid-19 tidak separah virus corona sebelumnya, seperti MERS dan SARS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro