Insomnia/boldsky.com
Health

Hindari 5 Kebiasaan Ini yang Bisa Merusak Tubuh Secara Permanen

Ni Luh Anggela
Jumat, 10 September 2021 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat pandemi melanda seluruh dunia, hal yang harus kita lakukan adalah bertahan untuk tetap sehat.
 
Tubuh manusia secara harafiah adalah tentang apa yang dia makan, minum dan bagaimana dia berperilaku dalam kehidupan nyata. Dan itu dimulai dengan menghindari beberapa kebiasaan umum yang dapat merusak fungsi optimalnya. Beberapa diantaranya sering kita lakukan tanpa menyadarinya.
 
Kebiasaan ini mungkin tampaknya tidak berbahaya, tetapi nyatanya dapat  menyebabkan kerusakan permanen  pada tubuh Anda, melansir Eat This, Jumat (10/9/2021).
 
1. Tidak divaksinasi

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan di masa pandemi adalah mendapatkan vaksin Covid. Vaksin tidak hanya dapat menyelamatkan hidup Anda, tetapi juga mengurangi risiko Anda terkena long Covid, sindrom kronis dari gejala yang melemahkan yang sampai sekarang belum diketahui pengobatan atau penyembuhan yang efektif. Selain itu, sebagian besar orang yang dirawat di rumah sakit atau meninggal karena Covid tidak divaksinasi, menurut para ahli.
 
2. Tidak tidur dengan benar

Saat Anda tidur, Anda memberikan waktu untuk sistem tubuh utama untuk memperbaiki diri. Ketika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, jantung, otak dan sistem kekebalan Anda tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Semakin banyak penelitian yang mengaitkan kualitas tidur yang buruk dengan berbagai penyakit serius, termasuk kanker, penyakit jantung, dan demensia.  Untuk mendapatkan tidur yang cukup, orang dewasa disarankan untuk mendapatkan 6 hingga 8 jam tidur berkualitas di malam hari.
 
3.  Stres

Sudah menjadi rahasia umum bahwa stres dapat berdampak buruk pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Stres kronis menyebabkan otak memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol, yang memiliki sejumlah efek fisik negatif, termasuk sistem kekebalan yang melemah. Orang yang mengalami stres kronis lebih rentan terhadap flu biasa dan infeksi virus seperti flu. Kelebihan kortisol juga memberitahu tubuh untuk menyimpan kelebihan lemak perut, yang meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.
 
4. Minum alkohol terlalu banyak

Minum terlalu banyak alkohol meningkatkan risiko penyakit jantung, infeksi pernapasan, sepsis, dan setidaknya tujuh jenis kanker. Selain itu, minum alkohol berlebihan merupakan faktor risiko utama demensia. Untuk menghindarinya, minumlah secukupnya, artinya tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas untuk wanita.
 
5. Kesepian

Pandemi Covid-19 membuat kita berhadapan dengan apa yang para ilmuwan sebut dengan “epidemi diam” simultan: Kesepian.  Merasa kesepian tampaknya memicu respons stres yang menyebabkan peradangan di tubuh, yang berpotensi mengganggu jantung, sistem kekebalan, dan otak. Studi telah menemukan bahwa orang yang melaporkan merasa kesepian memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker, dan menghadapi prognosis yang lebih buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro