Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Kemenkes: 62 Persen Kematian Ibu dan Bayi Terjadi di Rumah Sakit

76 persen kematian ibu masih terjadi di fase persalinan dan pascapersalinan di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 14 September 2021  |  13:08 WIB
Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Kemenkes: 62 Persen Kematian Ibu dan Bayi Terjadi di Rumah Sakit
Seorang ibu menyusui bayinya. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Abdul Kadir menyampaikan pada Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Selasa (14/9/2021) angka kematian ibu (AKI) dalam kategori tinggi.

Dia menyebut, 76 persen kematian ibu masih terjadi di fase persalinan dan pascapersalinan di Indonesia. Adapun, proporsi kematian ibu saat tengah hamil mencapai 24 persen, saat persalinan 36 persen, dan pascapersalinan sebesar 40 persen.

“Penyebab kematian saat hamil disebabkan oleh infeksi (sepsis) sebesar 32 persen, hipertensi 24 persen, dan lainnya seperti pendarahan, abortus, komplikasi obstetrik sebesar 28 persen,” tuturnya saat diskusi virtual, Selasa (14/9/2021).

Dikatakan, fase persalinan kematian ibu disebabkan oleh pendarahan dengan persentase 65 persen, ruptur uterus di 14 persen, dan hipertensi yang mencapai 11 persen.

Kemudian, untuk pascapersalinan kematian ibu biasanya terjadi atas faktor infeksi (sepsis) 26 persen, pendarahan 15 persen, dan lainnya seperti abortus, komplikasi obstetrik yakni 29 persen.

“Ternyata kesulitan saat persalinan disebabkan karena kondisi saat kehamilan menderita anemia, hipertensi, atau kurang gizi, dan faktor risiko lainnya,” tuturnya.

Hingga saat ini, lebih dari 62 persen kematian ibu dan bayi terjadi di rumah sakit.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena terlambatnya pasien dirujuk ke rumah sakit atau saat penanganan pasien sudah berada di kondisi kritis, sehingga sulit untuk diselamatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angka kematian ibu ibu hamil melahirkan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top