Ilustrasi kulih wajah mengalami penuaan dini/Times Now
Fashion

Penyebab Utama Penuaan Dini, Cegah Sedari Usia Muda

Ni Luh Anggela
Selasa, 19 Oktober 2021 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk mencegah Penuaan, banyak orang rela merogoh kocek untuk mendapatkan aneka skincare, kosmetik hingga suplemen yang diklaim mampu mencegah Penuaan. Namun sebenarnya, ada cara yang lebih mudah dan murah untuk mencegah Penuaan, seperti mengelola apa yang masuk ke dalam tubuh Anda.
 
Gula tambahan seringkali Anda jumpai pada beberapa produk kemasan. Ini biasanya digunakan untuk meningkatkan rasa  atau memperpanjang umur penyimpanan. Namun, Gula tambahan adalah ancaman kesehatan paling signifikan.
 
David Zinczenko, penulis buku terlaris Zero Sugar Diet mengatakan, Gula seperti fruktosa misalnya, dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan permintaan oksigen miokard.
 
Ini juga dapat berkontribusi pada peradangan, resistensi insulin, dan disfungsi metabolisme secara keseluruhan.
 
“Dan kita mendapatkan lebih banyak fruktosa dalam makanan kita hari ini daripada sebelumnya, berkat sirup jagung fruktosa tinggi, pemanis yang digunakan (dan terkadang tersembunyi) dalam soda dan sebagian besar makanan ringan lainnya,” kata David.
 
Semakin banyak Gula tambahan yang masuk ke dalam diet Anda, semakin sedikit makanan sehat yang akan Anda makan sepanjang hari. Dan semakin cepat pula Anda akan menua.
 
American Academy of Dermatology, melansir Eat This, Selasa (19/10/2021), mengatakan, temuan dari studi penelitian menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak Gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat Penuaan.
 
Makan terlalu banyak Gula tidak hanya dapat membuat tubuh Anda menua sebelum waktunya. Ini meningkatkan kemungkinan Anda mengalami obesitas dan masalah kesehatan terkait seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes, tetapi juga dapat secara langsung menuakan kulit Anda.
 
Gula mungkin terlihat jelas atau mungkin tersembunyi. Ada lusinan nama yang mungkin Anda temukan dalam daftar bahan yang sebenarnya hanya berarti Gula.
 
USDA mencantumkan yang berikut ini sebagai nama alternatif untuk Gula tambahan yang diakui oleh FDA: dekstrosa anhidrat, Gula merah, Gula bubuk, kembang Gula, sirup jagung, padatan sirup jagung, dekstrosa, fruktosa, sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS), madu, Gula invert, laktosa, sirup malt, maltosa, sirup maple, molase, nektar, panekuk sirup, Gula mentah, sukrosa, Gula pasir, Gula pasir putih.
 
Nama lain yang tidak diakui oleh FDA meliputi: jus tebu, pemanis jagung yang diuapkan, dekstrosa kristal, glukosa, fruktosa cair, jus tebu, dan nektar buah.
 
Ketika dikonsumsi secara berlebihan, Gula mengikat kolagen dan elastin, dua protein di kulit kita yang membuatnya tampak kencang dan awet muda. Ini menciptakan produk akhir glikasi tingkat lanjut (disebut AGEs), yang merusak kolagen dan elastin dan sebenarnya mencegah tubuh memperbaikinya.
 
Sebuah penelitian di University of California-San Francisco menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak minuman manis, seperti soda, memiliki telomer yang lebih pendek, bagian dari sel kita yang menyimpan DNA.
 
Telomer mulai panjang dan semakin pendek seiring bertambahnya usia. Ketika mereka terlalu pendek, mereka mati.
 
Penulis studi mencatat bahwa, konsumsi soda manis secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui Penuaan sel yang dipercepat.
 
Telomer tidak hanya memperpendek proses Penuaan secara harfiah, orang dengan telomer yang lebih pendek juga berisiko terkena penyakit serius termasuk penyakit jantung dan kanker.
 
Mengurangi minuman manis dan makanan olahan tinggi Gula tambahan adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menjaga tubuh Anda tetap awet muda dengan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan demensia.
 
Selain itu, selalu perhatikan label Nutrition Facts pada kemasan produk untuk melihat Gula tambahan yang ada pada produk yang Anda beli. Ini dapat membantu Anda mencegah mengonsumsi Gula tambahan secara berlebihan dan mengetahui berapa banyak Gula tambahan yang ada pada produk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro