Ilustrasi serangan jantung/Freepik.com
Health

Rendam Tangan di Air Es Bisa Deteksi Kondisi Jantung, Hoaks atau Fakta?

Newswire
Minggu, 31 Oktober 2021 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Sebuah akun di Instagram dengan lebih dari 246 ribu pengikut membagikan sebuah ilustrasi berupa sepasang telapak tangan yang dimasukkan ke dalam baskom berisi es.

Dalam kolom caption, tertulis narasi, "Hanya dalam waktu 30 detik, kamu bisa tahu bagaimana kondisi jantungmu saat ini."

"Jika jari-jarimu memerah, ini adalah pertanda baik. Kamu tidak memiliki masalah dengan oksigenasi darahmu. Jantung dan sirkulasi darahmu sehat. Jika ujung jari-jarimu menjadi pucat atau sianosis, kamu memiliki masalah sirkulasi darah," lanjut tulisan dalam unggahan terkait.

Terhitung hingga Minggu (31/10/2021) petang, unggahan itu pun telah mendapat lebih dari 2.800 likes dan beragam komentar.

Namun, apakah benar merendam tangan di air es bisa memperlihatkan kondisi jantung saat itu?

Dilansir dari Turnbackhoax, dokter spesialis jantung RS Awal Bros Bekasi Timur, Ivan Noersyid, mengatakan bahwa membaca kesehatan jantung dengan cara yang disebutkan dalam unggahan terkait tidak terbukti secara ilmiah alias hoaks.

Ivan menjelaskan bahwa memasukkan tangan ke dalam air es selama 30 detik guna mendeteksi kondisi jantung tidak terdapat dalam literatur ilmiah manapun.

Oleh karenanya, ia menyebut bahwa cara tersebut sama sekali tidak disarankan secara medis.

Sementara itu, dokter jantung RS Siloam Karawaci, Vito A Damay, menjelaskan ada sejumlah cara sederhana yang telah terbukti menjadi pertanda adanya masalah jantung.

Pertama, ialah sering terbangun di malam hari karena sesak nafas mendadak. Kedua, mudah lelah saat berjalan atau beraktivitas fisik.

Lalu, yang terakhir adalah kaki agak bengkak dan bagian kulit yang ada di atas kaki jika ditekan akan melesak ke dalam.

Di sisi lain, Ketua Departemen Informasi Komunikasi dan Pengabdian Masyarakat PP PERKI, dr. Dony Hilal, mengatakan kondisi jari tangan yang memerah usai dimasukkan ke dalam air dingin adalah reaksi normal.

Hal itu merupakan reaksi dari pembuluh darah yang berusaha menghangatkan tubuh dengan melebarkan pembuluh yang sebelumnya mengeceil, sehingga darah pun akan menuju jari-jari tangan.

Sementara itu, apabila jari tidak memerah, artinya tidak terjadi proses penghangatan an diameter pembuluh darah tidak melebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro