Buah Apel. /Bisnis.com-Janlika
Health

Rekomendasi 6 Makanan yang Sehat untuk Usus dan Cegah Diabetes

Ni Luh Anggela
Senin, 1 November 2021 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semakin banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa mikrobioma usus yang seimbang dikaitkan dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Colleen Cutcliffe, ahli biologi yang berkonsentrasi pada penelitian biokimia dan metabolisme, serta CEO Pendulum Therapeutics, menyarankan bahwa ada penelitian baru yang menunjukkan mikrobioma berperan dalam pencegahan diabetes, dan bahwa beberapa pasien beralih ke metode selain insulin untuk mengelola gula darah mereka dengan lebih baik.
 
Lantas, metode apa yang dapat dengan mudah diterapkan oleh kebanyakan orang untuk mencegah diabetes saat ini?
 
“Makanan yang tinggi serat larut adalah pilihan yang bagus untuk kesehatan usus,” kata Cutcliffe, melansir Eat This.
 
Lebih lanjut, Cutcliffe menjelaskan bagaimana makanan berserat tinggi membantu meningkatkan tiga aspek penting kesehatan usus: keteraturan, memperlambat penyerapan gula yang menghasilkan lonjakan gula darah pasca makan yang lebih rendah, dan memberi makan Akkermansia muciniphila, yang dia jelaskan adalah strain mikrobioma usus kunci.
 
Untuk mendukung semua ini, ada beberapa pilihan spesifik untuk makanan berserat tinggi terbaik rekomendasi Cutcliffe.

1. Apel

Apel menempati urutan pertama dalam daftar makanan berserat tinggi dan ramah usus dari ahli biokimia ini. Ditambah lagi, mereka mengandung berbagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

2. Jelai

Jelai merupakan gandum yang memiliki tekstur kenyal dan rasa seperti kacang. Cutcliffe mengatakan biji-bijian khusus ini adalah cara yang bagus untuk mengemas lebih banyak serat dan mudah dipadukan dengan makanan lain.

3. Wortel

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu sayuran yang baik untuk mata, wortel adalah kendaraan lain yang pasti untuk meningkatkan asupan serat Anda. Mereka mengantongi serat sekitar 2,8 gram untuk setiap 100 gramnya.

4. Oat

Makanan pokok yang disukai sepanjang tahun ini, adalah rekomendasi lain dalam daftar makanan kaya serat dari Cutcliffe untuk melayani usus Anda.

5. Kacang polong

Kacang polong tidak hanya dapat menambahkan rasa beraroma pada begitu banyak hidangan, tetapi awal tahun ini seorang ahli gizi memberi tahu Eat This bahwa satu cangkir kacang polong mengandung tujuh gram serat yang mengesankan.

6. Psyllium

Jika psyllium terdengar seperti kata yang pernah Anda dengar sebelumnya tetapi Anda tidak begitu familiar, ini adalah bahan yang ditemukan di beberapa suplemen serat yang dibeli di toko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro